Al Azhar Memorial Park Hanya Menerima Jenazah Khusus Muslim

  • 2 min read
  • Feb 11, 2021
al azhar memorial park

Makam Al Azhar Memorial Park ini juga dapat digunakan sebagai pilihan Anda untuk menguburkan jenazah anggota keluarganya yang sudah meninggal.

Tempat ini menyediakan makam dengan berbagai tipe sama seperti di sesama pemakaman swasta yaitu San Diego Hill yang juga menawarkan banyak tipe makam.

Anda dapat memilih jenis tipe makam yang sudah disediakan dan ditawarkan oleh pengelola makam Al Azhar Memorial Park yang menerima jenazah khusus muslim.

Seperti disini apabila Anda ingin mengetahui perihal  penyebab makam Al Azhar hanya menerima jenazah khusus muslim, maka dapat menyimak penjelasan berikut ini.

4 Penjelasan Penyebab Al Azhar Memorial Park Hanya Menerima Jenazah Khusus Muslim

Pemakaman Al Azhar menerima jenazah khusus muslim saja karena makam ini memang dikelola dengan kaidah umat muslim. Dengan adanya tata kelola makam dengan kaidah umat muslim membuat pemakaman ini hanya menerima jenazah khusus muslim.

Hal ini berbeda dengan pemakaman lainnya seperti San Diego Hills yang menerima jenazah dengan berbagai jenis agama, ras dan etnis.

Tidak ada salahnya Anda untuk menyimak penjelasan tentang penyebab Al Azhar Memorial Park Hanya Menerima Jenazah Khusus Muslim.

1.     Dikelola Oleh Umat Muslim

Salah satu penyebab pertama bahwa makam Al Azhar hanya menerima jenazah khusus muslim adalah karena dikelola oleh umat muslim. Tata kelola dari makam islam ini keseluruhannya dikelola oleh umat muslim.

Dengan dikelola oleh umat muslim membuat makam ini hanya digunakan oleh umat islam yang akan menguburkan jenazah keluarganya .

2.     Menggunakan Syariat Pemakaman Islam

Penyebab selanjutnya makam ini hanya menerima jenazah khusus muslim karena dalam proses pemakamannya menggunakan syariat islam.

Biasanya syariat islam yang digunakan yaitu makam muslim yang dikelilingi oleh sesama makam muslim saja, menghadap kiblat, makam yang sederhana, meletakkan batu nisan sebagai penanda dan masih banyak lagi syariat yang digunakan dalam pemakaman.

Adanya proses pemakaman yang dikelola dengan syariat islam ini membuat penggunaan makam ini hanya dikhususkan untuk umat islam.

3.     Persiapan Makam Sebelum Meninggal

Alasan selanjutnya yang dapat dimasukkan adalah persiapan makam sebelum meninggal karena hal ini dulunya sudah dilakukan oleh sahabat Rasulullah yaitu Ustman Bin Affan.

Mulai dari jaman rasulullah dan sahabat-sahabatnya sudah merencanakan kepada keturunan atau ahli waris yang berpesan bahwa sebelum meninggal sudah menentukan dimana mereka akan dimakamkan.

Sudah banyak sebagian orang yang sudah berpesan kepada anggota keluarganya bahwa ketika meninggal nanti sudah menentukan dimana akan dimakamkan.

4.     Makamnya Sederhana

Sedangkan alasan keempat dan terakhir mengapa makam ini hanya menerima jenazah khusus muslim karena memiliki makam sederhana.

Seperti dalam kaidah syariat islam bahwa menguburkan jenazahnya untuk bangunan makamnya dibuat sederhana saja. Bangunan makam yang sederhana ini berupa gundukan tanah saja dengan atasnya diberikan batu nisan.

Biasanya di makam ini gundukan tanah ini memiliki rumput yang tumbuh kecil-kecil dan selalu terawat karena dengan tata kelola makam yang memiliki tenaga kebersihan.

Begitulah beberapa penjelasan mengenai penyebab Al Azhar Memorial Park hanya menerima jenazah khusus muslim saja. Penjelasan mengenai makam ini yang hanya menerima jenazah khusus muslim dapat menjadi referensi untuk Anda beserta keluarga.

Hal dasar yang tidak kalah penting untuk disimak sebelum memilih makam ini adalah mengetahui terlebih dahulu bahwa makam ini hanya untuk umat muslim saja.

Pastikan setelah membaca artikel ini Anda memperoleh pengetahuan tentang penyebab makam ini hanya untuk umat muslim saja. Semoga membantu.