Inilah Cara Pemesanan e-IPO dan Cara Membeli Saham e-IPO, Mudah Tidak Pakai Ribet

  • Caca
  • May 25, 2022
Cara Pemesanan e-IPO

e-IPO atau Electronic Indonesia Public Offering adalah sarana digital untuk mendukung proses penawaran umum saham perdana kepada masyarakat umum atau publik. Di dalam sistem milik e-IPO berisi tentang perusahaan yang akan Initial Public Offering atau IPO. Selain tentang perusahaan yang akan IPO, ada juga informasi tentang harga, jangka waktu penawaran, dan prospectus. Selain itu sebagai investor pun dapat melihat daftar perusahaan yang akan IPO mulai masa bookbuilding (masa penawaran awal). Berikut ini akan ada penjelasan bagaimana cara registrasi dan pemesanan e-IPO serta jug cara membeli saham e-IPO tanpa ribet. Mari simak.

Cara Registrasi dan Juga Pemesanan e-IPO

Untuk Anda yang ingin registrasi dan juga memesan e-IPO, berikut ini caranya sesuai dengan laman idxchannel.com

  1. Klik laman : https://e-ipo.co.id.
  2. Kemudian klik “Registrasi” dan masukkan alamat email. 
  3. Pilih “Investor Type”
  4. Pilih antara individual atau institusi. 
  5. Isi data diri dengan benar. 
  6. Simpan data dan register, kemudian lanjut ke registrasi dengan melakukan autentikasi melalui email yang telah didaftarkan. 
  7. Klik tautan autentikasi di email Anda, dan dilanjutkan dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan. 
  8. Masukkan password. 
  9. Klik “+Broker”. 
  10. Pilih Broker yang dituju, baik yang sudah memiliki rekening ataupun belum. 
  11. Pilih registrasi SID/SRE bagi yang telah memiliki atau baru bagi yang belum. 
  12. Setelah partisipan sistem melakukan verifikasi investor, maka investor sudah dapat Login dan menyampaikan minat atau pesanan ke Sistem e-IPO. (SNP)

Cara Membeli Saham e-IPO

Berikut ini akan disajikan tahapan-tahapan yang perlu Anda ikuti untuk membeli saham IPO lewat platform digital. Cara ini diambil sesuai dengan The Official Website IDX Channel.

  1. Lakukan Proses Pendaftaran/Registrasi

Langkah yang pertama yaitu lakukan registrasi. Anda perlu mengisi data-data seperti memasukkan alamat e-mail, mengisi tipe investor (mau individu atau institusi) dan mengisi data Anda secara benar, ikuti alurnya saja. Kemudian Anda dapat melakukan autentikasi di email yang didaftarkan dan memasukkan kode OTP yang muncul. Selanjutnya nanti Anda akan diminta memasukkan password untuk keamanan.

  • Verifikasi Oleh Broker

Selanjutnya adalah Anda dapat memilih broker atau sekuritas yang dituju. Pilih registrasi Single Investor Identification (SID)7 untuk Anda yang telah memiliki SID dan Sub Rekening Efek (SRE) bagi Anda yang belum memiliki SID. Setelah selesai verifikasi broker, Anda dapat melakukan login dan menyampaikan minat atau memesan saham IPO pada sistem e-IPO.

  • Melakukan Submit Pesanan

Setelah Anda login di akun e-IPO, Anda akan dapat melihat informasi perusahaan yang sedang Initial Public Offering atau IPO. Selanjutnya, Anda dapat memilih saham yang akan Anda beli lalu klik More Info. Anda dapat memilih bagian Place Order, mengisi formulir pemesanan, klik Send dan memasukkan kode OTP.

  • Sediakan Dana di Rekening Dana Nasabah (RDN)

Langkah selanjutnya yaitu pihak perusahaan yang IPO tadi atau perusahaan yang sudah Anda pilih akan mendapatkan pemberitahuan melalui email jika terdapat pesanan masuk dari investor (Anda). Setelah verifikasi selesai dilakukan, pembelian saham IPO dapat langsung disetujui. Anda dapat membaca prospektus dan menyetujui prospektus pada masa bookbuilding (masa penawaran awal). Anda juga sebaiknya telah menyediakan dana di RDN sebelum masa offering.7

  • Menerima Saham IPO

Anda dapat melihat hasil penjatahan dari proses membeli saham IPO melalui menu history. Anda juga akan melihat status ‘Alloted’ jika mendapatkan saham sesuai pesanan. Jika statusnya ‘Alloted with Scale Back’, maka hal ini berarti penjatahan akan disesuaikan, ‘Not Alloted’ berarti tidak mendapatkan penjatahan dan ‘Not Carried Over’ berarti pesanan tidak diteruskan untuk proses penjatahan.

Itu tadi cara pemesanan e-IPO dan cara membeli saham e-IPO. Mudah dan gak pakai ribet bukan? Semoga bermanfaat untuk Anda.