Inilah Tips Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Reguler

  • Caca
  • Dec 01, 2021

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Reguler – Semenjak SFH (School From Home), Kemendikbud RI memberikan kuota belajar gratis kepada murid, mahasiswa, hingga pengajar dengan jumlah yang berbeda setiap jenjangnya. Tujuannya, untuk menunjang pendidikan, layaknya sekolah offline. Sayangnya, kuota yang diterima hanya bisa untuk mengakses aplikasi  dan situs web tertentu yang berhubungan dengan pendidikan. Misal, untuk mengakses Zoom, Google Classroom, Rumah Belajar, Cakap, AyoBelajar, CloudX, Google Meet, Quipper, Udemy, dan ratusan e-learning sekolah/kampus lainnya. Keterbatasan akses seperti ini dirasa kurang efektif dan sia-sia, jika kenyataannya ada pembelajaran yang menggunakan aplikasi lain tetapi tidak disupport oleh kuota belajar. Salah satunya, streaming youtube yang harus menggunakan kuota reguler/ utama. Guna mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu menggunakan trik mengubah kuota belajar menjadi kuota utama menggunakan VPN.

Pemerintah telah mensubsidi paket kuota belajar ke dalam dua jenis kuota, yaitu kuota belajar dan kuota reguler. Hanya saja, perbandingannya masih timpang. Kuota belajar disubsidi sebanyak 15 GB (siswa PAUD), 30 GB (siswa SD-SMP), 37 GB (siswa/ guru sekolah menengah), dan 45 (dosen & mahasiswa). Sementara, kuota reguler disubsidi sebanyak 5GB.

Sebelum melakukan konversi menggunakan VPN untuk kuota belajar, Anda harus mendapatkan kuotanya terlebih dahulu. Syarat menerima bantuan kuota belajar subsidi tidaklah rumit. Jika Anda pelajar, maka harus terdaftar sebagai pelajar berdasar jenjang pendidikan. Sedangkan jika Anda pengajar, maka juga harus terdaftar sebagai pengajar berdasar jenjang. Adapun jika kenyataannya Anda tidak bisa mendapat kuota belajar subsidi, jangan risau. Anda masih bisa membeli kuota belajar sebanyak 10 GB secara mandiri, baru kemudian melakukan konversi menggunakan VPN untuk kuota belajar tersebut. Biasanya, harga yang ditawarkan juga murah. Ada yang Rp 10 sudah mendapat 10 GB, ada juga yang hanya Rp 5000, tergantung provider.

Menggunakan Aplikasi Anonytun

Anonytun adalah aplikasi VPN yang menyediakan jasa internet gratis dengan pengaturan khusus. Dalam aplikasi Anonytun, ada fitur SSL yang memiliki kemampuan mengubah kuota. Ada 10 langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengkonversi kuota belajar menjadi kuota reguler menggunakan aplikasi Anonytun. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan install aplikasi Anonytun di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Anonytun.
  3. Ubah posisi Anonytun menjadi “Best Performance”.
  4. Klik “Stealth Settings”.
  5. Ganti status “Stealth Settings” menjadi
  • Ganti “Connection Protocol” menjadi “SSL”.
  • Ubah nilai “Connection Port” menjadi “443”.
  • Untuk Menu “Connect Via Parent Proxy : OFF”.
  • Ubah “Custom TCP/HTTP Headers : OFF”.
  • Ubah “Advanced SSL Settings: ON”.
  1. Klik “Edit SSL Settings” dan sesuaikan pengaturannya menjadi:
  • True SSL : ON.
  • Spoof Host Port : ON.
  • Spoof Host : whatsapp.com.
  • Spoof Port : 443.
  1. Klik “OK” dan klik ‘”Save” untuk menyimpan pengaturan.
  2. Klik “Connect” untuk menghubungkan ke jaringan.
  3. Klik “OKAY” untuk menyetujui adanya penayangan iklan agar layanan aplikasi dapat diaktifkan.
  4. Izinkan Anonytun berjalan di latar belakang dengan cara klik “OK” untuk mengatur sambungan internet dengan VPN untuk kuota belajar.

Ketika penginstalan selesai, Anda tidak dianjurkan untuk menutup aplikasi. Gunakan link cepat yang telah disediakan dalam aplikasi Anonytun atau multitasking untuk membuka aplikasi lain. Misal, youtube, facebook, whatsapp. browser, maupun lainnya.

Menggunakan Aplikasi HTTP Injector

HTTP Injector adalah sebuah alat VPN profesional yang berfungsi untuk menjelajahi internet secara pribadi dan aman menggunakan beberapa protokol dan teknologi tunneling dalam satu aplikasi.

Ada 5 langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengkonversi kuota belajar menjadi kuota reguler menggunakan aplikasi HTTP Injector. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan install aplikasi HTTP Injector versi terbaru di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi HTTP Injector.
  3. Pilih “Import Config” yang ada di pojok kanan atas.
  4. Pilih file yang akan Anda simpan.
  5. Klik “Start” dan tunggu sampai berhasil connect.

Dengan sebuah pemanfaatan adanya sebuah teknologi yang canggih dari waktu ke waktu yang saat ini juga memang sangat dibutuhkan untuk sebuah mendukung berbagai sebuah kegiatan aktivitas pendidikan. Mungkin tidak hanya itu saja, Sejak tahun lalu, Pemerintah juga dapat memprogramkan sebuah penyaluran sebuah bantuan kuota internet untuk para pelajar dari berbagai sebuah kesenjangan melalui sebuah beberapa jenis provider di tanah air. Baca juga Informasi menarik lainnya hanya di https://vpn.co.id/.