Inilah Tips Mudah untuk Mengatasi Bruntusan di Wajah

  • Caca
  • Jan 31, 2024
Mengatasi Bruntusan di Wajah

Tak hanya jerawat, bruntusan juga menjadi permasalahan kulit lainnya yang cukup umum. Masalah bruntusan biasanya ditandai dengan bintik-bintik merah berukuran kecil yang menonjol pada kulit.

Alhasil, tekstur permukaan kulit tampak terasa kasar dan tidak rata. Meski tidak membahayakan, namun kehadiran bruntusan cukup mengganggu bagi si penderitanya.

Pasalnya, kehadiran bruntusan akan membuat penampilan seseorang menjadi berkurang. Oleh karena itu, masalah bruntusan jangan dianggap sepele. Namun, banyak orang yang bertanya mengenai apakah boleh scrub wajah saat bruntusan? Tentu boleh, karena agar kulit Anda sehat.

Lalu, bagaimana cara mengatasi bruntusan? Nah, buat kamu yang ingin tahu jawabannya, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Mencuci Wajah Dengan Menggunakan Air Dingin

Cara mudah pertama yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bruntusan di wajah, yakni mencuci wajah dengan air dingin atau suhu ruang.

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa mencuci wajah dengan menggunakan air dingin akan meningkatkan aliran darah.

Disaat sirkulasi aliran darah pada kondisi baik, maka hal tersebut dapat memberikan perlindungan lebih terhadap kulit dari serangan radikal bebas yang menjadi pemicu timbulnya masalah bruntusan.

2. Melakukan Chemical Peeling

Menurut informasi yang didapat, melakukan Chemical Peeling dengan menggunakan asam glikolat 70 persen selama 7 menit mampu menghilangkan bruntusan dalam waktu yang singkat lho.

Akan tetapi, dalam melakukan Chemical Peeling tidak boleh dilakukan sendirian. Dengan kata lain, metode Chemical Peeling ini harus dilakukan di rumah sakit atau klinik kecantikan.

Selain itu, pastikan juga bahwa kamu ditangani oleh dokter spesialis kulit guna mencegah timbulnya efek samping dari perawatan Chemical Peeling.

3. Rajin Membersihkan Kulit Wajah dan Tubuh

Disarankan bagi kamu untuk membersihkan kulit wajah secara rutin dalam mengatasi masalah bruntusan di area wajah.

Tak hanya itu, usahakan juga mandinya tidak terlalu lama karena akan membuat kulit menjadi kering yang dapat memperparah bruntusan.

Idealnya kamu mandi dengan durasi sekitar 5 sampai 10 menitan saja, kemudian gunakan air dengan suhu yang tepat tepat guna membantu membuka penyumbatan serta melonggarkan pori-pori kulit.

Setelah selesai mandi, jangan lupa juga untuk mengeringkan tubuh dengan menggunakan handuk yang lembut dan bersih.

4. Menggunakan Pelembab

Mengatasi masalah bruntusan di wajah dari bruntusan tak hanya cukup dengan air saja. Ya, kulit wajahmu membutuhkan sentuhan moisturizer atau krim pelembab.

Setelah selesai mandi, segera oleskan krim pelembab tersebut atau kapan saja ketika kulit terasa kering. Cara ini sangat penting dilakukan untuk mencegah kulit agar tidak kering.

Sebaiknya kamu gunakan krim pelembab yang memiliki kandungan asam laktat, sehingga dapat menghidrasi kulit kering serta meningkatkan pergantian sel.

5. Lakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi kulit secara lembut seminggu sekali merupakan salah satu cara efektif yang bisa kamu coba untuk mengatasi bruntusan di wajah.

Namun, kamu harus lebih jeli lagi dalam memilih produk eksfoliasi untuk bruntusan. Pilihlah produk eksfoliasi yang memiliki kandungan seperti asam salisilat, urea, asam glikolat, retinoid, asam laktat, dan asam alfa hidroksi.

Akan tetapi, kamu harus berhati-hati saat melakukan eksfoliasi kulit dan pastikan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan yang berlebihan justru akan membuat kulit menjadi kasar dan teriritasi.

Disamping itu, kamu juga jangan menggosok kulit karena bisa memperparah kondisi bruntusan.

6. Hindari Hal-hal yang Dapat Memperparah Bruntusan

Ada berbagai faktor yang dianggap bisa memperparah kondisi bruntusan. Ya, salah satunya adalah penggunaan pakaian yang terlalu ketat.

Pasalnya, pakaian yang terlalu ketat akan menyebabkan gesekan sehingga dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menegenakan pakaian yang logar agar nyaman dan bisa menyerap keringat sehingga tidak akan memperparah kondisi bruntusan.

Disamping itu, kamu juga jangan melakukan waxing atau mencukur di area kulit yang ada bruntusan. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan penyebaran bruntusan menjadi lebih banyak.

7. Jangan Gunakan Produk Perawatan Tubuh yang Mengandung Pewangi

Disaat kulit mengalami bruntusan, sebaiknya kamu jangan menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki bahan parfum atau pewangi.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena bahan pewangi dan parfum bisa berisiko memicu terjadinya iritasi pada kulit.

8. Gunakan Masker Oatmeal

Tips berikutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bruntusan di wajah, yaitu dengan menggunakan masker oatmeal.

Kabarnya, oatmeal mempunyai sifat yang mampu menenangkan kulit kering dan gatal. Tak hanya itu, masker oatmeal juga dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Itu dia beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan dirumah untuk mengatasi masalah bruntusan pada kulit wajah. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Berbicara soal produk yang efektif untuk mengatasi masalah bruntusan, sebaiknya kamu coba produk Dermies Clear Me Cleanser Scrub by Erha.

Related Post :