Kirim Uang Ke Luar Negeri Lebih Murah dengan TranferWise

  • 2 min read
  • Jan 26, 2021
Kirim Uang Ke Luar Negeri Lebih Murah dengan TranferWise

Kini hadir resmi di Indonesia sebuah perusahaan penyedia teknologi pembayaran dan pengiriman uang antar Negara (remintasi) yaitu TransferWise. TransferWise juga sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia (BI) sebagai suatu penyelenggara remintasi, dengan berkolaborasi pada perusahaan fintech local, dan perusahaan Instamoney (PT Syaftraco). TransferWise juga diklaim sebagai salah satu jenis pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri dengan menawarkan biaya transfer yang jauh lebih rendah dan juga pada proses pengirimannya lebih cepat.

TransferWise Indonesia sudah melayani 80 negara tujuan, dari Negara  yang termasuk seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Australia, hingga Amerika Serikat , Britania Raya dan tak ketinggalan pula Tiongkok (via Alipay).

Layanan TransferWise bisa dijangkau dengan menggunakan media aplikasi online pada smartphone yang juga berbasis Android, iPhone OS (iOS), dan bisa juga dengan melalui via website. Bahsanya pun menggunakan bahasa Indonesia.

Terkait biaya TransferWise diklaim lebih murah dengan 2,5 kali dibandingkan dengan biaya transfer lewat Bank atau penyedia jasa transfer lainnya. Tidak lupa pula, pada saat TransferWise sedang memproses pengiriman uang antar Negara dengan diklaim lebih cepat dan tiba dalam satu jam.

Jika melakukan perbandingan, contoh seseorang akan mengirimkan Rp. 2,5 juta ke Eropa dalam bentuk Euro, maka akan dikenai biaya sebesar Rp. 39.646. Akan tetapi, jika seseorang mengirimkannya melalui Bank, maka biaya yang akan ditaksir sebesar Rp. 93.912.

Dibawah ini merupakan beberapa  contoh biaya pada pengiriman ke berbagai Negara tujuan dan mata uang lain (dengan nominal Rp 2,5 juta) sebagai berikut :

  • Jepang – Rp. 74.961
  • Amerika Serikat – Rp. 47.910
  • Singapura – Rp. 43.584
  • Malaysia – Rp. 42.515
  • Inggris – Rp. 40.805
  • Australia – Rp. 40.079

TransferWise mampu untuk mengklaim 30 persen pada saat melakukan transaksi pengiriman uang dengan tiba di negara tujuan dalam kurun waktu kurang dari 20 detik. Selain itu, tak hanya itu, TransferWise pun mengaku bahwa menjadi satu-satunya penyedia jasa remitansi yang menggunakan nilai tukar tengah, seperti yang terlihat di situs halaman Google. Salah satu tokoh yang selaku Head of Indonesia Expansion TransferWise yaitu Elian Ciptono, dalam penjelasannya mengatakan bahwa menurut survei yang dilakukan di Negara Indonesia, terdapat 90 persen dari sebagian besar orang Indonesia yang akan mengirim uang ke luar negeri, sangat merasa terbebani dengan tingginya patokan biaya pengiriman yang ditetapkan

Untuk peluncuran yang dilakukan oleh TransferWise di Indonesia ini ialah kelanjutan dari hadirnya layanan transfer uang ke Indonesia sejak tahun 2016 yang lalu, dan sebaliknya pengiriman uang dari luar negeri pada uang yang bersifat uang elektronik seperti pada Go Pay, OVO dan Dana sejak bulan November 2019 lalu.

Dari tadi membahas tetang TransferWise, sebenernya apasih yang dimaksud TransferWise tersebut? Transferwise adalah sebuah perusahaan teknologi global penyedia layanan untuk mengirim uang ke seluruh dunia. Anda dapat pula mengirim uang ke berbagai Negara lain, melakukan transaksi belanja diluar negeri, dan bisa pula memlakukan dan menerima pembayaran bisnis berbasis internasional.

TransferWise juga memiliki misi dan tujuan untuk memudahkan tujuan hidup Anda agar lebih mudah tanpa banyak mengeluarkan uang. Ada lebih dari sebembilan juta orang yang telah menggunakan TransferWise yang di peruntukan dalam melakukan proses transaksi lintas Negara dengan nominal 6 miliar untuk setiap bulannya.