Mau Investasi Cryptocurrency? Baca Dulu Biar Tidak Rugi!

  • Caca
  • Jan 12, 2022

Investasi cryptocurrency saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh orang-orang sebagai salah satu instrumen pencari uang yang menguntungkan.  Hal ini semakin diperkuat dengan fenomena bitcoin investment platform ini menjadi satu yang paling terkenal di Indonesia. oleh pemilik Tesla, Elon Musk.

Melihat bagaimana salah satu orang terkaya dunia berani menginvestasikan uang dalam bentuk cryptocurrency, hal tersebut menjadi tanda tanya besar, apakah benar investasi ini menguntungkan?  Sebab, pembelian dalam jumlah besar tentu sangat beresiko sekali dan seharusnya sebanding dengan peluang pengembalian. 

High risk high gain, istilah ini sering digunakan dalam berinvestasi yang berarti jika ingin untung besar maka harus siap pula dengan resiko rugi besar.

Karena merupakan alat investasi yang masih baru dan menjadi kontroversi, sebaiknya Sobat Pintar pelajari lebih dulu mengenai cryptocurrency, sehingga Sobat Pintar tahu bagaimana keuntungan serta resiko yang mungkin akan terjadi bila memilih instrumen tersebut.

Apa Itu Investasi Cryptocurrency?

Investasi mata uang kriptomerupakan salah satu instrumen investasi berbentuk mata uang digital mata uang  yang dijamin dengan kriptografi dan transaksinya dilakukan secara virtual. Cara kerja Investasi crypto menggunakan penyimpanan jaringan blockchain, yaitu sebuah teknologi penyimpanan database dalam blok yang kemudian dirantai bersama.

Dengan teknologi blockchain, setiap orang yang melakukan transaksi cryptocurrency memiliki salinan catatan transaksi tersendiri. Setiap transaksi baru yang terjadi akan diperbarui secara bersamaan sehingga semua catatan tetap identik dan akurat. 

Untuk mencegah penipuan, setiap transaksi diperiksa menggunakan salah satu dari dua teknik validasi utama: bukti kerja (proof of work) atau bukti kepemilikan (proof of stake).

Itu artinya setiap investor dapat mengelola data keuangan serta melakukan transaksi digital tersebut secara pribadi.  Disini segala prosesnya tidak melibatkan pihak ketiga seperti bank. Salah satu bentuk mata uang digital yang digunakan untuk instrumen investasi pertama kali merupakan Bitcoin. 

Tips Melakukan Investasi Cryptocurrency

Bagi yang masih awam dengan karakteristik cryptocurrency, sebaiknya pelajari dulu dengan benar serba-serbinya. n Pemahaman ini akan mempengaruhi tingkat kesuksesan setiap investor.  Berikut merupakan beberapa tips yang bisa Sobat Pintar terapkan ketika ingin memulai investasi mata uang kripto, antara lain:

Sampai sejauh ini, terdapat 13 perusahaan yang telah terdaftari menjadi pedagang aset kripto.  Jadi pilih salah satunya supaya Sobat Pintar merasa lebih aman dan nyaman ketika melakukan investasi jangka panjang menggunakan mata uang digital seperti ini.

2. Evaluasi Variabel Terhadap Aset Cryptocurrency

Sebelum menentukan mata uang kripto apa yang ingin Sobat Pintar beli, sebaiknya kenali dulu jenis mata uang kripto dan cara kerjanya.  Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi nilai mata uang kripto.  Salah satu cara paling mudah melakukan evaluasi aset cryptocurrency merupakan mengunjungi web resminya. 

Setelah itu baca lite paper atau whitepaper supaya mengetahui informasi selengkapnya. Bila perlu, cari tahu juga pendiri dan komunitasnya di media sosial supaya lebih yakin dengan perusahaan tersebut. Dengan memiliki pemahaman lebih dalam tentang mata uang kripto tersebut, Sobat Pintar bisa tahu seberapa besar potensi nilai aset di masa akan datang. 

3. Perhatikan Grafik Candlestick saat Melakukan Analisis Teknikal

Mirip seperti saham, Sobat Pintar juga bisa melakukan analisis teknikal untuk mengetahui aksi harga aset. Karena mata uang kripto tidak punya otoritas dari lembaga lain, maka harganya tergantung dari penggunanya. Itulah kenapa analisis teknis dibutuhkan supaya mendapat keuntungan saat melakukan trading cryptocurrency.