Sejarah Nasi Liwet

  • 2 min read
  • Dec 12, 2019
Sejarah Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak beserta dengan bumbu khas, seperti bawang merah, bawang putih, daun salam dan beberapa bumbu lainnya. Bumbu yang dimasukan kedalam nya tergantung daerah masing-masing. Nasi liwet ini biasa dihidangkan beserta dengan lauk pauk,lalapan, sayuran, dan sambal.

Berdasarkan sejarahnya, nasi liwet merupakan hidangan yang sering disantap secara bersama-sama. Dalam bahasa sunda, istilah makan bersama-sama disebut Botram. Mengapa nasi liwet sering disajikan untuk botram? Karena apabila disajikan secara bersama-sama hidangan nasi liwet yang memiliki menu sederhana akan terasa lebih lezat dan nikmat. Penyajian nasi liwet juga terbilang unik yakni disajikan di hamparan daun pisang. Gaya makan lesehan sambil berkumpul dan makan nasi liwet sejak satu tahun terahir menjadi trend.

nasi liwet sebenarnya sudah menjadi makanan sehari-hari dari dulu. Awal mula nasi dengan bumbu rempah-rempah dan lauk pauk seperti ikan, ayam, tahu , tempe merupakan bekel makan para petani di ladang.selain sebagai makanan sehari-hari, nasi liwet juga pernah menjadi bagian sacral dari satu rangkaian upacara. Liwet dalam bahasa jawa memiliki arti tanak atau menanak, jadi kata liwet sebenarnya merujuk pada proses pembuatan, jadi kalau nama nya nasi liwet, artinya nasi yang mengalami proses liwet, yaitu tekhnik memasak nasi dengan cara mencampur beras dan air bisa air putih atau air santan dalam satu tempat khusus. Tempat yang bisa dipakai bisa panci, dandang untuk memasak nasi hingga matang, Ngeliwet bagi masyarakat jawa adalah suatu cara kebiasaan mengolah atau memasak beras yang ternyata sudah tua sejak tahun 1819. Masak nasi liwet juga identik dengan memasukkan bumbu seperti daun salam dan garam ke dalam nasi dan air yang sedang dimasak. kemudian tercipta rasa gurih dan aroma yang sedap saat menyantap nasi liwet.

Nasi liwet bisa ditemui di daerah barat Indonesia, pulau Sumatra dan jawa, banyak daerah yang mengolah nasi dengan cara liwet, seperti nasi lemak disumatra, nasi uduk di Jakarta, nasi wuduk di jawa tengah dan jawa timur.

Ada dua jenis olahan nasi liwet yaitu nasi liwet solo dan nasi liwet sunda, tentunya kedua nasi liwet ini memiliki perbedaan dari sejarah, memasak, cara penyajian hingga tambahan lauk-pauknya. Nasi liwet sunda dimasak tanpa menggunakan santan sedangkan nasi liwet solo dimasak dengan menggunakan santan.

Berikut ini adalah kombinasi lauk pauk dalam nasi liwet.

  • Lauk pauk utama

Sumber protein yang anda dapatkan dari lauk pauk utama nasi liwet adalah diantaranya adalah ayam goring, ikan kembung goring, ikan peda merah, ikan asin jambal roti, tumis cumi, sate ayam, dan sambal goring ati.

  • Lauk pauk tambahan

Tempe dan tahu goreng, temped an tahu  bacem, tempe oreg, perkedel jagung, bakwan jagung

  • Sayur mayur

Beberapa sayur mayur yang turut serta yang biasa dihidangkan dalam melengkapi hidangan nasi liwet diantaranya aaaaadalah oseng kacang panjang, teri kacang, karedok, tumis kangkung, sayur asem, sayur lodeh dan semur jengkol

  • Lalapan dan sambal

Tidak akan lengkap apabila nasi liwet tidak dihidangkan bersama dengan lalapan dan sayuran, kedua komponen inilah yang wajib tersedia.

Hidangan nasi liwet biasanya dapat anda temui dibeberapa restoran yang mengusung tema tradisional atau semi tradisional. Tapi kinih teman-teman bisa pesan nasi liwet di royaltumpeng.com

Demikian informasi aneka macam nasi liwet semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya