Gaya Hidup

Friday, 20 December 2019 - 22:05 WIB

4 months yang lalu

logo

Tips Cermat dan Aman Memilih Aplikasi Pinjam Uang Online

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat telah memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Seperti salah satunya adalah saat ini sudah banyak sekali aplikasi pinjaman online yang ditawarkan dan memberikan berbagai kemudahan. Salah satunya adalah tidak perlu adanya jaminan supaya pengajuan bisa diterima. Namun Anda juga perlu tahu bahwa memilih aplikasi pinjaman online tersebut tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan dari aplikasi pinjaman online. Kelebihannya adalah bisa cepat cair dan syarat juga lebih mudah. Kekurangannya adalah suku bunga yang diberikan biasanya lebih besar bila dibandingkan dengan pinjaman offline. Semakin banyaknya aplikasi pinjam uang online di Indonesia saat ini, tentunya juga mampu untuk membuat Anda bingung untuk memilih dan menentukan aplikasi mana yang paling aman dan terpercaya.

Apabila saat ini Anda berencana untuk mengajukan pinjaman uang secara online dan bingung untuk memilih aplikasi mana yang akan Anda gunakan dan pilih. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan apabila ingin mencari pinjaman uang secara online lewat aplikasi:

  • Pilihlah aplikasi yang sudah terdaftar di OJK

Pilih aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai aplikasi apa saja yang sudah terdaftar di OJK. Biasanya aplikasi yang sudah terdaftar di OJK memang harus mematuhi syarat prosedur penagihan, besaran suku bunga sampai dengan denda.

  • Perhatikan syarat-syarat dan dokumen yang diminta

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih sebuah aplikasi pinjaman online, perhatikan dokumen apa saja yang diminta. Banyak aplikasi yang meminta dokumen seperti slip gaji, NPWP, KTP, KK dan buku tabungan. Hal tersebut masih wajar. Namun bila sudah meminta bukti sertifikat tanah, kepemilikan kendaraan atau lain-lain Anda harus waspada dan carilah aplikasi yang lain.

  • Pilihlah aplikasi yang transparan dan terbuka

Maksudnya adalah Anda harus memilih aplikasi yang dengan jelas dan transparan dalam memberikan informasi seputar bunga, tanggal jatuh tempo, denda serta biaya lain yang dibutuhkan. Dengan begitu Anda bisa mengkalkulasikan pinjaman Anda terlebih dahulu.

Dibalik kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh aplikasi pinjaman online tersebut, bila Anda salah memilih aplikasi hidup Anda dan orang yang ada di sekitar Anda akan menjadi tidak tenang. Ada beberapa kasus aplikasi pinjaman online yang berhasil menyadap kontak dan akan menghubungi orang-orang terdekat Anda untuk segera melunasi tunggakan pinjaman yang Anda miliki. Sangat memalukan bukan dan kadang hal tersebut juga akan membuat orang-orang di sekeliling Anda tersebut menjadi tidak nyaman.

Dengan memperhatikan beberapa syarat di atas, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya. Meskipun memang ada beberapa syarat lain yang juga harus Anda perhatikan seperti pilihlah customer service dari aplikasi yang bersangkutan mudah untuk dihubungi dan pilih aplikasi yang sudah membuka kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia. Hal tersebut akan lebih membuat Anda aman dan tenang karena tidak akan salah pilih aplikasi pinjaman uang secara online.

Artikel ini telah dibaca 139 kali

Baca Lainnya