5 Aneka Olahan Nanas Kekinian yang Bisa Dicoba

  • Caca
  • Mar 28, 2022
Aneka Olahan Nanas Kekinian

Siapa sangka buah-buahan bukan hanya dikonsumsi secara langsung, namun bisa diolah menjadi cemilan atau makanan. Salah satunya buah tersebut yaitu nanas.

Buah ini tumbuh dengan baik pada negara tropis seperti di Indonesia. Karena alasan tersebut pula, Indonesia menjadi produsen buah nanas no 9 di dunia.

Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang cukup baik. Terutama adalah vitamin A dan vitamin C yang bagus untuk tubuh.

Rendahnya kadungan kalori dalam buah ini pula cocok untuk dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjalankan program diet.

Nah, selain bisa diolah menjadi jus, kamu bisa mencoba aneka olahan nanas yang kekinian satu ini. Bisa buat cemilan sendiri di rumah atau dijadikan ide usaha.

Kue Nastar

Kamu pasti tidak asing lagi dengan kue kering satu ini. Nastar dengan isian selai nanas sering dihidangkan pada saat lebaran. Kamu bisa mengikuti cara membuat nastar berikut dan mengkreasikannya dengan berbagai bentuk atau topping.

Kunci dalam membuat kue nastar ialah memilih buah nanas yang tidak terlalu tua namun tidak terlalu muda. Biasanya berwarna kuning namun masih ada warna kehijauan. Sebisa mungkin pilih nanas Palembang ya.

Nanas Goreng

Buah bisa digoreng? Ternyata bisa loh dan cukup enak buat cemilan loh. Potongan nanas yang dibuang bagian tengahnya lalu celupkan pada adonan bahan kering seperti tepung terigu, garam dan gula pasir yang diberi air.

Kamu bisa menambahkan margarin pada adonan cemilan ini untuk menambah aroma agar lebih kuat. Setelah itu kamu tinggal goreng pada minyak panas dan angkat setelah berwarna kuning kecoklatan.

Bolu Nanas

Bolu merupakan salah satu jenis kue basah yang dalam prosesnya bisa menggunakan cara dikukus atau dipanggang. Nah, buah nanas bisa dijadikan sebagai bahan utama dari kue bolu ini.

Buah nanas yang diparut dicampur dengan gula pasir. Setelah itu, campuran adonan yang terdiri dari tepung terigu, baking powder dan susu dicampur dengan parutan nanas.

Nah, adonan ini tinggal kamu tuang ke dalam cetakan lalu kukus hingga matang. Cukup mudah bukan?

Puding Nanas

Puding nanas bisa kamu manfaatkan sebagai makanan penutup atau dessert dengan sensasi yang lembut dan dingin.

Kamu hanya perlu mencampurkan susu dan agar-agar lalu masak terlebih dahulu hingga mendidih. Potong buah nanas dengan ukuran kecil-kecil lalu masukkan dalam cetakan puding. Mau itu yang kecil atau besar, sesuai selera.

Angkat adonan susu yang sudah agak dingin lalu tuang ke dalam cetakan. Diamkan sebentar agar mulai mengeras lalu pindah ke dalam kulkas. Kamu bisa mengonsumsi puding nanas setelah 1 jam penyimpanan.

Wingko Nanas

Sejatinya wingko sejak dulu berasal dari parutan kelapa yang dipanggang dengan adonan. Namun, kamu bisa mengubahnya agar menjadi cemilan yang kekinian dengan menambahkan bahan berupa buah nanas.

Parut kelapa dan nanas hingga halus lalu sisihkan terlebih dahulu. Pada suatu wadah, kamu campurkan bahan berupa tepung ketan, gula pasir, telur dan kelapa. Di sisi lain kamu campurkan daging nanas dengan air kelapa. Campurkan kedua adonan lalu masak di atas cetakan.

Itulah beberapa olahan nanas yang bisa kamu buat sendiri dengan mudah. Kuncinya adalah pahami dahulu bahan utama pada suatu masakan, lalu tambahkan dengan bahan lain sebagai kreatifitas. Selamat mencoba!

Related Post :