Berikut Beragam Jenis Metode Fisioterapi yang Umum Dilakukan

  • 2 min read
  • Dec 25, 2020
Jenis Metode Fisioterapi

Ada banyak jenis gangguan kesehatan yang tidak dapat sembuh hanya dengan mengonsumsi obat-obatan semata. Melainkan juga harus didampingi dengan jenis pengobatan lain seperti diantaranya adalah fisioterapi, sebut saja diantaranya adalah penyakit stroke. Penyakit yang satu ini tak hanya membuat penderitanya mengalami kelumpuhan saja, melainkan juga kesulitan berbicara sampai terkadang juga kesulitan dalam mengingat. Guna meningkatkan kualitas hidup dari pasien stroke ini, maka nantinya dokter akan menyarankan Anda untuk mendapatkan fisioterapi.

Hanya saja di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya banyak orang yang merasa takut untuk datang ke fasilitas kesehatan atau rumah sakit secara langsung, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang tempat-tempat tersebut memang yang paling rentan untuk memicu terjadinya penularan penyakit Covid 19. Untuk itulah maka kemudian banyak sekali rumah sakit yang menawarkan layanan baru, diantaranya adalah fisioterapi ke rumah, dimana nantinya pihak fisioterapis lah yang akan datang ke rumah Anda.

Sehingga pasien tetap bisa merasa aman untuk melakukan tindakan terapi di rumah, bahkan juga ditemani dengan keluarga mereka. Selain lebih aman sesungguhnya hal ini juga membuat Anda menjadi jauh lebih hemat biaya atau pengeluaran, karena memang tidak perlu keluar biaya untuk transportasi juga. Adapun beragam jenis metode yang umumnya digunakan dalam tindakan fisioterapi ini, berikut diantaranya, yaitu:

  1. Program latihan, metode semacam ini menjadi yang banyak digunakan, khususnya pada pasien yang mengalami gangguan kesehatan layaknya postur tubuh yang bermasalah, sehingga ingin memperbaiki posturnya agar menjadi lebih normal, begitu juga untuk memperkuat otot yang lemah pasca serangan stroke. Kegiatan yang dilakukan mulai dari peregangan otot sampai dengan senam tertentu yang memang berguna untuk mengoptimalkan kondisi fisik.
  2. Teknik elektroterapi, adapun juga teknik elektroterapi yang digunakan untuk menstimulus saraf, misalnya adalah pada pasien yang memang mengalami gangguan pada sarafnya, sehingga membutuhkan terapi dengan menggunakan listrik, stimulasi elektrik ini sendiri nantinya akan memadukan antara teknik akupuntur dan juga listrik biasanya dengan daya yang kecil dan aman.
  3. Fisioterapi manual, ini merupakan jenis yang paling sering kita jumpai, yaitu dengan cara pemijatan, namun dengan catatan bahwa memang pemijatan tersebut tidak dilakukan secara sembarangan. Melainkan karena memang sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, selain dengan pemijatan maka umumnya juga dilakukan cara lain seperti dengan peregangan sampai mobilisasi dan juga manipulasi sendi. Teknik-teknik tersebut pada dasarnya memang sangat membantu dalam merelaksasi juga mengurangi rasa nyeri hingga meningkatkan fleksibilitas gerak.
  4. Terapi okupasi, terapi ini memiliki manfaat yaitu untuk meningkatkan beberapa kemampuan dalam tubuh, misalnya adalah bagi mereka yang memang memiliki keterbatasan secara fisik, motorik sampai dengan keterbatasan kognitif. Sehingga nantinya dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik, meskipun mungkin tidak mampu mengembalikannya seperti sedia kala.

Pada saat pandemi seperti ini memang lebih praktis menggunakan jasa fisioterapi Jakarta ke rumah, sehingga Anda pun tidak perlu repot untuk pergi kemana-mana. Dengan hanya menunggu di rumah seperti biasa, karena pihak tenaga medis yang akan datang ke rumah. Selama masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini nyatanya hal tersebut menjadi yang paling aman untuk dipilih. Untuk pemesanan dari layanan yang satu ini tetap bisa dilakukan secara mudah, yaitu berbekal sebuah aplikasi.