Cara Cek IMEI Realme Ini Buktikan Smartphone Kalian Asli atau Palsu

  • 2 min read
  • Jul 25, 2021
Cara Cek IMEI Realme

Tentang IMEI Realme

Bagaimana cara cek IMEI Realme? Sebelumnya tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi popularitas brand Realme. Smartphone asal negeri tirai bambu ini menawarkan harga terjangkau untuk koleksi smartphone canggihnya. Wajar jika banyak pengguna melirik brand ini.

Sayangnya popularitas Realme tidak terlepas dari oknum tidak bertanggungjawab yang membuat produk tiruan. Banyak produk Realme palsu atau supercopy yang sekilas mirip asli dijual di pasaran. Meski memiliki tampilan yang sama, jelas ada perbedaan nyata antara produk asli dan palsu, terlebih dari kualitasnya. Sebagai pengguna tentu kamu tidak ingin jadi korban penipuan bukan? Apalagi bila harus membayar produk abal-abal dengan harga asli. Karenanya kamu perlu cek IMEI Realme.

Dalam hal inilah pengetahuan tentang nomor IMEI diperlukan. IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas resmi suatu produk hp. Nomor IMEI ini pula yang dimanfaatkan seperlu identifikasi setiap perangkat yang mencoba untuk terkoneksi dengan perangkat tersebut oleh jaringan GSM.

IMEI umumnya terdiri dari 14 digit dan pada digit ke-15 disertai tambahan digit yang gunakan untuk verifikasi ulang semua digit. Digit yang dicantumkan itu sendiri mewakili sejumlah informasi terkait hp. Mulai dari waktu pembuatan hp, pabrik pembuat, nomor model hp, masa garansi, dan keresmian hp yang digunakan.

Nomor IMEI juga bisa digunakan dalam upaya pencegahan penggunaan hp yang ilegal atau produk Black Market (hp BM). Dimana hp BM dengan IMEI yang tidak terdaftar sekarang tidak bisa menerima sinyal guna menikmati layanan seluler. Jadi jangan ambil risiko, lebih bijak cari panduan cek IMEI Realme online sebelum membeli.

Mengecek IMEI Realme di Dus Box

Untuk mengecek keaslian produk Realme, kamu bisa cek IMEI Realme 3 dengan melihat keterangan pada kotak dusnya. Berikut cara cek IMEI Realme lengkapnya:

  1. Sebelum deal membeli, cek bagian belakang kotak dus smartphone baru Realme yang ingin kamu beli.
  2. Di bagian belakang bawah dus box hp biasanya akan tercantumkan nomor IMEI realme yang digunakan.
  3. Untuk hp dual simcard akan dicantumkan dua IMEI yang berbeda.

Cara Cek IMEI Realme Lewat Menu About

Bagaimana jika hp sudah digunakan beberapa waktu dan dus box hilang atau terselip? Setiap kali membeli ponsel baru sebenarnya penting untuk teliti menyimpan dus box. Pasalnya dus box menjadi bagian pelengkap yang berisi informasi penting dan dapat menambah nilai jual jika kamu berniat menjual kembali ponsel di kemudian hari. Selain mengecek dus box, kamu juga bisa mengikuti cara cek imei real me lewat menu About berikut:

  1. Akses menu Pengaturan atau Setting pada hp realme kamu.
  2. Tab untuk membuka menu Tentang Ponsel atau About Phone pada tampilan layar.
  3. Lanjutkan cara cek IMEI Realme dengan tab menu Status.
  4. Akan terbuka halaman baru yang menunjukkan informasi tentang nomor IMEI dan dan informasi penting terkait hp.

Mengecek IMEI Realme Lewat Kode Telepon

Bagi kamu yang tidak mau ribet, ada cara cek IMEI Realme yang lebih simpel. Yakni cek IMEI Rrealme 5 pro lewat kode telepon dengan langkah berikut:

  1. Akses dan masuk ke bagian Phone atau Telepon.
  2. Ketikkan kode *#06# lalu tekan tombol Yes.
  3. Akan terbuka kotak dialog yang menampilkan nomor IMEI.
  4. Untuk smartphone dual simcard, maka akan ada dua nomor IMEI yang berbeda.

Cek Keaslian Lewat Kemenperin

Setelah mengetahui nomor IMEI realme, cek keasliannya di situs resmi Kemenperin. Ketikkan nomor IMEI hp Realme pada kolom yang tersedia. Bila nomor IMEI Realme kamu ada di daftar artinya smartphone Realme yang kamu punya asli atau sebaliknya. Sekian semoga ulasan tentang cara cek IMEI Realme ini bermanfaat.

Sumber: oppotutorial