Ketahui Jaringan Fiber Optik dan Keuntungannya

  • 2 min read
  • Jul 27, 2021
BCA 3020442076 an. Dedi Suparman

Jaringan fiber optik merupakan komponen standar dalam infrastruktur komunikasi global, termasuk di Indonesia. Jaringan ini kebal terhadap interferensi elektromagnetik serta interferensi frekuensi radio, sehingga jaringan ini menjadi jenis kabel yang paling dapat diandalkan.

Keunggulan Utama Jaringan Fiber Optic

Meskipun sudah banyak digunakan, tidak banyak orang mengenal keunggulan dari jaringan fiber optik ini. Serat optik memiliki kemampuan untuk membawa sinyal jarak jauh yang digunakan pada sebagian besar jaringan. Pada, dasarnya serat optik  merupakan untaian lapisan tipis yang digunakan untuk mentransmisikan pulsa cahaya.

Cahaya yang berpindah berada di dalam lapisan kaca dengan proses cladding. Beberapa serat digabungkan bersama dengan lapisan untuk membentuk kabel .  Meskipun pada dasarnya setiap jenis serat optik sama, ada perbedaan unik yang harus dipertimbangkan ketika teknisi hendak menggunakan fiber optic terbaik untuk aplikasi tertentu.

Jenis Fiber Optik

Apa saja jenis-jenis dari fiber optik atau kabel? Fiber optik tunggal mungkin sudah umum. Tetapi ada juga jenis multimode fiber optik yaitu OM1 hingga seri OM5. OM merupakan kepanjangan dari optical mode. Spesifikasinya juga ditentukan dengan standar ISO/IEC 11801.

Kabel multimode menyebarkan energi cahaya ke jalur saat melewati inti kabel.  Proses ini mendukung bandwidth dengan kecepatan lebih tinggi untuk jarak pendek hingga menengah. Namun beberapa jalur cahaya dapat menyebabkan distorsi pada penerima akhir jika kabel terlalu panjang. Hal ini akan mengakibatkan ketidakjelasan transmisi data yang juga tidak lengkap.  Karena itulah, fiber optik multimode hanya digunakan untuk aplikasi jarak pendek seperti pusat data.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah apakah pengguna membutuhkan fiber optik mode tunggal atau multi-mode.  Sinyal fiber optik multi-dapat melalui jalur di dalam untaian kaca.  Sedangkan  fiber optik mode tunggal baru dapat mengirim dan menerima data melalui teknologi laser. Fiber optik mode tunggal memudahkan single signal untuk mencapai lebih dari 1,5 km sehingga fiber optik jenis ini digunakan untuk penyedia jasa internet,  dan televisi.

Banyak orang tidak memahami bahwa pengelolaan transmisi mode tunggal justru membutuhkan infrastruktur elektronik lebih mahal jika dibandingkan dengan. Multi-mode merupakan pilihan utama untuk jaringan area lokal. Biasanya, jaringan area lokal ini sangat penting bagi perkantoran dengan beberapa gedung terpisah yang ada di satu area. Koneksi telepon dan jaringan komputer antar gedung sangat dibutuhkan demi kelancaran operasional perusahaan.

Apakah Harganya Mahal?

Harga dari kabel fiber optik memang tergantung jenis dan kualitasnya. Setiap merek menawarkan harga yang berbeda. Apalagi kini peminat dapat langsung mengunjungi beberapa situs belanja online.  Hampir semua situs tersebut menawarkan kabel serat optik dengan varian yang beragam.

Beberapa jenis kabel yang tersedia di banyak situs belanja online adalah kabel core, kabel digital, kabel drop outdoor, dan banyak lagi. Konektor fiber optik juga tersedia dengan berbagai macam merek dan jenis.

Tentu tidak bijaksana apabila pembeli hanya memilih jenis kabel dari yang termurah. Memang, bijaksana dalam mengatur anggaran sangat perlu. Tetapi, bukan berarti pilihan kabel termurah harus menjadi pilihan. Lebih baik pembeli melakukan perbandingan produk terlebih dahulu, sebelum memutuskan jenis apa yang akan mereka pilih.

Bagi pemilik usaha atau kantor dalam skala menengah, jaringan fiber optik cukup dibutuhkan, apalagi jika perusahaan tersebut menggunakan internet sebagai sarana dalam mengelola usaha. Sistem komunikasi, terutama koneksi internet, berkontribusi besar dalam kelancaran komunikasi dan keseluruhan pekerjaan.