Kesehatan

Monday, 16 September 2019 - 11:33 WIB

1 month yang lalu

logo

Cara Khusus Membasuh Wajah Bayi Baru Lahir

Mencuci wajah merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang, termasuk untuk bayi yang baru lahir. Namun membersihkan wajah bayi memerlukan cara khusus agar wajah bayi tidak iritasi dan mencegah terjadinya gesekan pada kulitnya yang lembut. Pastikan sabun yang digunakan merupakan sabun mandi bayi antibakteri.

Pertama anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lab yang lembut. Lab tersebut akan membantu mengangkat kotoran yang anda di wajah bayi. Selain lab anda juga bisa menggunakan kapas. Usap wajah dengan lembut dan sedikit mungkin menekan atau menggores wajah bayi. Karena wajah bayi yang baru lahir cukup sensitif dan rentan terhadap iritasi. Anda bisa membasahi lab tersebut dengan air hangat. Mengapa air hangat? agar bayi tidak merasa kedinginan.

Berikut cara membasuh wajah bayi agar kulit bayi tetap aman dan terlindungi:

  1. Bagian mata

Bagian mata merupakan bagian tersulit sehingga usahakan dibersihkan pertama kali. Untuk bagian mata, anda bisa menggunakan tangan kosong untuk membersihkannya, tidak perlu menggunakan lab atau kapas.

  1. Bagian hidung

Setelah bagian mata sudah, lalu anda bisa membersihkan bagian hidung bayi baik luar hidung maupun dalam hidung. Anda bisa membasuh dengan menggunakan lab atau kapas dengan perlahan dan lembut.

  1. Seluruh wajah

Setelah kedua bagian terpenting tersebut sudah dibersihkan, anda bisa langsung membasuh seluruh wajah bayi. Membasuh secara perlahan dan merata agar wajah bayi benar-benar bersih. Jangan lupa setelah semua wajah dibersihkan, anda harus mengeringkan wajah bayi agar bayi tidak merasa kedinginan. Anda bisa menggunakan sabun bayi tidak pedih dimata untuk membasuh wajah bayi.

  1. Bagian leher dan belakang

Tidak hanya wajah saja yang dibersihkan, bagian dekat telinga, leher dan kepala belakang juga harus dibersihkan. Bisa anda lakukan dengan membasuh dengan menggunakan lab atau kapas seperti membasuh wajahnya. Bagian telinga harus dibersihkan sampai dalam, dengan memasukkan jari anda ke sela-sela telinga bayi.

Anda bisa menggunakan sabun mandi bayi antibakteri untuk membasuh wajah bayi anda. Sehingga wajah bayi akan tampak lebih segar dan bersih. Produk bisa anda gunakan adalah Sleek Baby yang dirancang khusus untuk sabun mandi bayi.

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya