Cara Menghitung Biaya Umroh untuk Dua Orang

  • Caca
  • Dec 15, 2023
Biaya Umroh untuk Dua Orang

Ketika membicarakan biaya umroh, banyak orang berpikir tentang biaya untuk satu orang. Namun, dalam praktiknya, banyak jemaah yang memutuskan untuk berangkat bersama anggota keluarga, pasangan, atau sahabat dekat. Dalam konteks ini, kita akan membahas tentang biaya umroh untuk dua orang.

Komponen Biaya Utama Umroh untuk Dua Orang

Perencanaan biaya umroh harus dilakukan dengan teliti, terutama jika Anda berencana untuk berangkat bersama pasangan, saudara, atau teman. Berikut adalah komponen-komponen biaya umroh 2024 untuk 2 orang yang perlu Anda perhatikan:

1. Tiket Pesawat

Ini adalah salah satu komponen biaya terbesar dalam perjalanan umroh. Biaya ini dapat bervariasi tergantung dari maskapai penerbangan yang Anda pilih, kelas yang Anda tempati (ekonomi, bisnis, atau first class), serta waktu keberangkatan Anda. Untuk dua orang, Anda perlu mengalokasikan dana untuk dua tiket. Terkadang, ada promo khusus untuk pembelian tiket berkelompok yang bisa Anda manfaatkan.

2. Akomodasi

Menginap di Mekkah dan Madinah memerlukan dana yang signifikan. Ada berbagai pilihan hotel, mulai dari yang ekonomis hingga bintang lima. Untuk dua orang, Anda bisa memilih kamar twin atau double. Perhatikan juga lokasi hotel; semakin dekat dengan Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, biasanya tarifnya akan lebih mahal.

3. Makanan

Beberapa paket umroh sudah termasuk makanan sehari tiga kali, namun ada juga yang tidak. Jika tidak termasuk, Anda harus menyisihkan biaya untuk makan di restoran atau membeli makanan di sekitar area hotel. Ingatlah bahwa harga makanan di Mekkah dan Madinah mungkin lebih mahal dibandingkan dengan di Indonesia, terutama di area-area dekat tempat ibadah.

4. Transportasi Lokal

Biaya ini mencakup transportasi dari bandara ke hotel, antar kota (jika Anda berencana mengunjungi tempat lain selain Mekkah dan Madinah), serta ke lokasi-lokasi ziarah. Walaupun banyak paket umroh yang sudah menyertakan transportasi lokal, tetapi jika Anda ingin merasakan pengalaman berbeda, misalnya dengan mengunjungi tempat-tempat yang tidak termasuk dalam paket, Anda perlu menyediakan biaya tambahan.

5. Visa Umroh

Setiap jemaah membutuhkan visa khusus untuk melaksanakan umroh. Untuk dua orang, tentu biayanya akan menjadi dua kali lipat. Namun, terkadang ada biaya administrasi yang bisa dikurangi jika mengajukan visa bersama-sama.

Biaya Tambahan yang Mungkin Muncul Saat Umroh Berdua

1. Oleh-oleh

Ini adalah salah satu hal yang seringkali menjadi kebutuhan bagi jemaah umroh. Sebagai tanda cinta dan kasih sayang, banyak jemaah yang membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di tanah air. Untuk dua orang, tentunya kebutuhan oleh-oleh bisa menjadi lebih banyak atau Anda mungkin ingin membeli barang yang lebih berharga.

2. Pakaian Ihram dan Perlengkapannya

Meskipun banyak jemaah yang sudah memiliki pakaian ihram dari sebelumnya, ada juga yang memilih untuk membelinya di tanah suci. Selain itu, ada beberapa perlengkapan lain seperti sabuk, sandal, dan topi yang mungkin Anda butuhkan.

3. Biaya Ziarah Tambahan

Meskipun banyak paket umroh yang sudah mencakup ziarah ke beberapa tempat, Anda mungkin ingin mengunjungi tempat-tempat lain yang bersejarah dan memiliki nilai spiritual. Hal ini tentunya memerlukan biaya tambahan, baik untuk transportasi, pemandu, maupun tiket masuk (jika diperlukan).

4. Makanan Khusus atau Makanan di Restoran Berkelas

Meskipun paket umroh Anda mungkin sudah termasuk makanan, Anda mungkin ingin mencicipi makanan khas setempat atau makan di restoran yang lebih mewah. Hal ini tentunya akan menambah biaya Anda.

5. Biaya Kesehatan 

Meskipun kita selalu berharap agar selalu sehat selama umroh, kadang-kadang ada keadaan darurat kesehatan yang mungkin terjadi. Biaya obat-obatan, konsultasi dengan dokter, atau bahkan perawatan di rumah sakit bisa menjadi beban tambahan yang tidak terduga.

6. Telekomunikasi 

Biaya panggilan internasional atau pembelian paket data untuk komunikasi dengan keluarga di Indonesia bisa menjadi salah satu pos biaya tambahan. Anda mungkin ingin membeli SIM card lokal atau paket roaming dari Indonesia.

Tips Menghemat Biaya Umroh untuk Dua Orang

1. Pilih Paket Umroh Ekonomis

Saat ini banyak agen perjalanan yang menawarkan paket umroh dengan berbagai rentang harga. Pilihlah paket ekonomis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Meskipun fasilitasnya mungkin lebih sederhana, namun tidak mengurangi esensi dari ibadah umroh itu sendiri.

Pesan Tiket Pesawat Jauh-jauh Hari: Harga tiket pesawat cenderung lebih murah jika Anda membooking jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Selain itu, gunakan situs perbandingan harga untuk mendapatkan deal terbaik.

2. Atur Jadwal di Luar Musim Ramai

Berangkat umroh di luar musim puncak, seperti di luar bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan, bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan biaya yang lebih terjangkau.

3. Makan di Tempat Lokal 

Makanan di area sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi cenderung lebih mahal. Cobalah untuk menjelajahi tempat makan lokal yang lebih jauh sedikit dari pusat keramaian. Selain lebih murah, Anda juga bisa merasakan makanan khas setempat.

4. Beli Oleh-oleh di Pasar Tradisional

Daripada membeli oleh-oleh di toko-toko besar atau pusat perbelanjaan, cobalah untuk mengunjungi pasar tradisional. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan bisa bernegosiasi.

5. Rencanakan Ziarah dengan Baik

Jika Anda berencana melakukan ziarah tambahan, cobalah untuk menggabungkan beberapa lokasi dalam satu perjalanan agar menghemat biaya transportasi.

6. Berbagi Biaya

Karena berangkat berdua, Anda bisa membagi beberapa biaya seperti makanan, oleh-oleh, atau transportasi. Ini tentunya bisa mengurangi beban biaya per orang.

7. Periksa Kembali Paket Anda

Pastikan semua kebutuhan Anda sudah termasuk dalam paket umroh yang Anda pilih. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk hal-hal yang seharusnya sudah termasuk.

Related Post :