Cara Merawat Printer Canon Agar Awet dan Terjaga

  • 2 min read
  • Jan 08, 2021
Cara Merawat Printer Canon

Penggunaan printer saat ini seringkali digunakan untuk keperluan kantor maupun bisnis lainnya. Namun, setiap pengguna kerapkali tidak tahu bagaimana cara merawat printer dengan benar. Oleh karena itu, ketahui beberapa cara merawat printer canon.

Bagaimana Cara Merawat Printer Canon dengan Benar?

Nah, berbicara terkait merawat printer Canon tentu saja Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan. Ada kalanya printer tersebut berhenti beroperasi (istirahat) ada waktu kembali digunakan. Seperti halnya dalam hal mencetak, jangan mencetak terlalu banyak jika tak ingin rusak.

  1. Jagalah Kebersihan pada Printer Canon

Salah satu langkah yang harus diperhatikan ialah menjaga kebersihan pada mesin printer Canon. Cara ini sangat ampuh untuk membuat printer bisa tahan lebih lama. Ketika selesai menggunakannya atau berencana tidak memakainya dalam waktu dekat, tutuplah dengan kain yang lembut.

Termasuk pada bagian untuk meletakkan kertas yang sangat rentan oleh debu serta kotoran yang masuk ke dalamnya, hal ini dilakukan agar mesin printer tak mudah rusak. Jika kotoran sampai masuk dan menumpuk di dalam tentu saja akan mengganjal kertasnya sehingga print tersendat,

  1. Dilarang Menggunakan Printer untuk Mencetak dalam Jumlah Banyak

Kemudian jangan sekali-sekali Anda menggunakan printer Canon dalam jumlah banyak, apalagi jika terlalu sering. Ada baiknya lakukan sedikit demi sedikit saja, jangan dalam proses sekali cetak. Hal ini dilakukan agar printer memberi istirahat ke gear printer yang berfungsi mendinginkan permukaan.

Ada juga head printer yang berfungsi untuk melakukan cleaning secara otomatis agar hasil pencetakan terjamin kualitasnya. Jadi, usahakan jangan langsung mencetak dalam jumlah banyak dalam 1x cetak, nanti akan menyebabkan gear dan head printer cepat panas dan hasil cetak putus.

  1. Menggunakan Printer Canon Secara Rutin

Langkah paling sederhana untuk Anda lakukan ialah dengan menggunakan printer Canon secara rutin untuk aktivitas mencetak. Dalam body printernya, ada banyak sekali gear spare part penggerak printer. Bila tidak digunakan apalagi dalam jangka waktu yang lama, pelumasnya akan mengering.

Bila gear spare part dari printer Canon mengering karena diakibatkan jarang digunakan untuk aktivitas mencetak. Maka, hasilnya gear akan mengalami yang namanya kerusakan seperti halnya tersendat saat melakukan pencetakan atau lebih parahnya lagi justru patah.

Baca : Driver Canon IP2770

  1. Menggunakan Tinta Printer Canon yang Tepat

Perlu Anda ketahui bahwa pemilihan tinta pada printer Canon yang tepat itu justru akan menjaga keawetan yang tahan lama pada printernya. Banyak sekali printer yang beredar di pasaran justru menyebabkan kebuntuan di cartridge dan head printernya, apalagi jika tak digunakan lama.

Jadi, ada baiknya Anda memilih tinta printer lebih cermat lagi ketika hendak digunakan untuk mencetak. Sesuaikan dengan suatu aplikasi cetak tertentu seperti untuk mencetak dokumen, foto atau bahkan cetak grafik dan lain-lain.

  1. Mengganti Selang Infus Secara Berkala

Langkah agar printer Canon awet dan tahan lama ialah mengganti selang infus secara berkala. Di bagian ini, selang infus sangat berperan penting untuk dapat menyalurkan tinta dari tabungnya menuju cartridge printer. Jadi, usahakan ganti walaupun masih layak digunakan.

Selang yang tak diganti dalam kurun waktu cukup lama akan menyebabkan selangnya menjadi keras. Sehingga gerak dari selangnya menjadi tak teratur bahkan bisa saja tersangkut saat Anda melakukan proses mencetak dokumen. Untuk tinta sublim, pigment dan art gantilah selama 5-6 bulan sekali.

Itulah beberapa penjelasan terkait pembahasan mengenai step by step dari beberapa cara merawat printer canon yang patut untuk dilakukan dan jangan sampai tertinggal langkah. Jagalah printer Anda agar terus awet tahan lama hingga bertahun-tahun.