Ciri-ciri Kualitas Air Bersih Menurut Sumber Mata Airnya

  • 3 min read
  • Jun 10, 2020
Ciri-ciri Kualitas Air Bersih Menurut Sumber Mata Airnya

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang baik dan sehat memerlukan kualitas air yang memadai. Kualitas ini tidak hanya sekadar warna, namun dari komposisi atau sumber mata air yang digunakan.

Sumber mata air sendiri memiliki berbagai macam cara guna mendefinisikan ciri-ciri air yang bersih sehingga layak dikonsumsi oleh manusia. Sumber mata air merupakan awal mula perjalanan dari gunung hingga ke dalam gelas kamu.

Banyak penyedia air minum tidak memenuhi kriteria atau sekadar menarik dari air sulingan mineral. Faktanya, perlu berbagai macam cara guna menentukan kualitas air bersih dengan ciri-ciri sumber mata air yang terjamin.

  1. Penentuan Kriteria dan Lokasi

Sumber mata air yang baik memerlukan perhitungan yang tepat dan akurat. Komposisi dan zat yang terdapat di suatu air minum kemasan harus memiliki standar.

Untuk menentukannya diperlukan langkah awal dari para ahli geologi dan geohidrologi. Para ahli yang kompeten menentukan lokasi, sumber mata air serta zat yang terkandung [1].

Selain sumber mata air yang bersih dan alami, diperlukan pengawasan serta lingkungan yang terbukti bersih dari pencemaran di sekitar lokasi. Bila sudah memenuhi kriteria dari para ahli, maka bisa dipastikan kualitas air minum memenuhi kriteria yang ditentukan.

  1. Uji Coba Kualitas Air

Guna menentukan ciri-ciri air bersih yang berkualitas maka diperlukan pembuktian secara ilmiah. Dalam pemilihan sumber daya air diperlukan setidaknya 9 kriteria dan 5 tahapan seleksi yang melibatkan para ahli geologi dan geohidrologi [1].

Untuk pengujiannya pun memakan waktu hingga satu tahun untuk mempelajari karakteristik air berkualitas tersebut.

  1. Pemilihan Lokasi Air Pegunungan

Gunung menjadi salah satu sumber mata air yang dipercaya karena daerahnya yang masih alami dan jauh dari kontaminasi zat-zat asing. Selain itu, mata air pegunungan memiliki kualitas penyulingan mineral yang alami.

Pemilihan lokasi ini biasanya didasarkan oleh beberapa kriteria, salah satunya adalah kontur tanah. Siklus penyulingan air di pegunungan berawal dari peresapan air hujan di atas gunung lalu ke dalam tanah.

Lalu air akan kembali ke permukaan tanah melalui berbagai macam sumber air seperti lereng gunung, air terjun, atau jurang di perbukitan [2].

  1. Kandungan Air Mineral

Mengapa gunung menjadi sumber mata air yang dibutuhkan dan sesuai dengan kriteria? Karena proses penyaringan air alami di pegunungan masih bebas dari kontaminasi, zat polutan dan bakteri yang dapat merugikan tubuh.

Berbagai mineral yang terkandung di air pegunungan juga diperlukan oleh tubuh, seperti Fluoride untuk kesehatan gigi, Silicium untuk kekuatan tulang, Potassium, Phosphate, dan masih banyak zat lainnya yang terdapat di air mineral [3].

Menurut WHO, kandungan di air mineral juga perlu diperhatikan guna memenuhi kebutuhan untuk tubuh. Layaknya sodium yang mampu menjaga fungsi kinerja jantung, mengatur tekanan darah dan kadar gula dalam darah [4].

Kandungan sodium di air mineral pegunungan juga memiliki takaran yang pas dan memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Tentu kebutuhan air mineral tidak bisa dianggap remeh mengingat air sangat dibutuhkan setiap orang di tubuh manusia. Kualitas air yang memenuhi ciri-ciri air layak konsumsi sangat penting bagi kamu yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

AQUA memiliki berbagai macam penelitian serta studi lokasi guna menentukan sumber mata air yang paling baik dan memenuhi zat yang baik bagi tubuh.

Setidaknya, ada 17 mata air terpilih dari Sabang hingga Merauke yang masuk ke kriteria air berkualitas yang tersaji di dalam Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di AQUA [5].

Tidak hanya terpilih, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral terlindungi kepada masyarakat Indonesia.

Kesehatan para konsumen menjadi prioritas AQUA. Produk AQUA juga sudah terpercaya lebih dari 45 tahun dalam menyediakan air mineral yang berkualitas. Karena kesehatan merupakan visi Sehat AQUA, Karena Kualitas Berawal Dari Sini.

Referensi:

  1. https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua
  2. https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik/
  3. https://www.efbw.org/fileadmin/IMAGES/minerals.pdf
  4. https://www.who.int/water_sanitation_health/dwq/nutrientsindw.pdf
  5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/