Gaya Renang yang Paling Populer dan Manfaatnya

  • 2 min read
  • Aug 10, 2021
Gaya Renang

Siapa yang tidak tahu dengan olahraga Berenang, pastinya sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat Indonesia. Renang merupakan salah satu olahraga yang cukup lumayan populer, renang adalah upaya yang menggerakkan semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Olahraga yang paling populer ini juga kerap dilakukan tanpa perlengkapan keamanan atau bantuan. Jadi, renang lebih banyak menggunakan anggota tubuh, terutama bagian tangan dan kaki sebagai alat gerak atau mengapung di air. Renang juga sudah menjadi salah satu olahraga yang paling populer yang diminati oleh banyak orang bahkan di seluruh dunia. Renang juga sudah di lomba kan baik di tingkat nasional maupun internasional. Olahraga mengapung ini dari berbagai tingkatan mulai dari kalangan tingkatan umur, mulai dari balita, hingga dewasa bahkan ibu-hamil sekalipun.

Olahraga populer ini memang tak hanya menggerakkan sebuah tubuh, tetapi juga memberikan banyak manfaat Kesehatan. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, renang juga dapat mencegah beberapa penyakit seperti stroke, jantung dan diabetes. Biasanya setelah berengang tubuh akan menjadi sangat enteng dan rileks, perasaan cemas dan stress juga bisa berkurang dan bhkan hilang. Hal tersebut juga menjadikan renang sebagai satu di antara olahraga yang cukup menarik. Kenapa demikian, karena masih ada orang yang belum paham tentang olahraga renang. Berikut ini 4 gaya renang yang terkenal yang boleh anda coba:

Renang Gaya Bebas

Olahraga renang dengan gaya bebas merupakan Gerakan renang yang mampu digunakan oleh Sebagian banyak orang. Gerakannya yang sangat simpel dan sangat mudah dipahami juga mudah dilakukan. Gaya renang bebas yaitu gaya dengan posisi dada yang menghadap kedalam permukaan air. Sedangkan kedua tangannya secara bergantian digerakan jauh kedepan dengan Gerakan mengayuh dengan sekuat mungkin agar menghasilkan kecepatan yang penuh. Sementara pada bagian kakinya juga sama secara gentian dicambukan naik turun keatas dan kebawah. Dan pada bagian wajahnya menghadap kedalam air.

Renang Gaya Punggung

Gaya renang ini dilakukan dengan posisi punggung yang menghadap ke permukaan air bukan. Sehingga untuk melakukan pernafasaannya pada gaya punggung cukup mudah karena hidung dan mulut Anda ada di permukaan air. Akan tetapi, gaya ini perenang memperkirakan dingin tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah Gerakan yang dilakukan dan start yaitu dalam keadaan renang.

Renang Gaya Dada

Gaya yang disebut mirip dengan gaya katak merupakan gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, dan batang tubuh selalu dalam kondisi yang tetap. Gerakan kedua belah kaki menendang ke bagian luar sementara kedua tangan lurus ke depan. Kemudian 2 belah tangan ke samping seperti membelah air, Gerakan badan atau tubuh meniru seperti katak yang sedang berenang. Sehingga gaya ini di sebut dengan gaya katak.

Renang Gaya Kupu-kupu

Gaya ini menonjolkan Gerakan lengan dan sebuah kaki yang lahir dari variasi gaya dada. Kordinasi tangan membutuhkan kekuatan  otat dan Teknik yang maksimal. Sementara pada bagian kakinya bergerak seperti tendangan lumba-lumba. Gaya ini dianggap memiliki Gerakan yang sangat indah dari Gerakan yang kain.

Manfaat Renang

Jangan salah loh, renang itu menyehatkan tetapi dengan secara rutin dan teratur. Dengan berolahraga renang dapat menghilangkan rasa takut pada air, meningkatkan keberanian, percaya diri dan mengasah pendirian. Meningkatkan kemampuan sosial, seperti diketahui, olahraga mengapung ini bisa dilakukan secara Bersama-sama. Hal ini juga dapat bisa menimbulkan dan menumbuhkan rasa kebersamaan. Tak hanya itu saja, renang juga dapat meningkatkan kemampuan untuk menyesuaikan bersosialisasi dengan orang lain.