Mudah dan Menguntungkan, Ketahui Perihal Obligasi berikut

  • 3 min read
  • Aug 12, 2021
investasi obligasi

Berbagai instrumen investasi menawarkan keuntungan dan risiko masing-masing. Begitu pula dengan investasi obligasi sebagai instrumen investasi yang menggiurkan. Selain keuntungan, ada baiknya Anda mengetahui berbagai informasi perihal investasi satu ini.

Obligasi mulai diminati sebagai investasi alternatif, khususnya obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah semakin diburu karena dijamin oleh Undang-undang. Bagi Anda yang masih asing, obligasi merupakan bentuk investasi berupa surat utang yang dikeluarkan pemerintah maupun korporat.

Namun sejauh mana Anda mengetahui tentang investasi obligasi? Apakah sudah paham berbagai pengetahuan dasar tentang obligasi? Berikut ulasan selengkapnya tentang cara investasi obligasi:

  • Cara Membuka Rekening

Investasi obligasi dapat dimulai dari membuka rekening pada lembaga terpercaya, jangan lupa untuk memeriksa reputasi perusahaan serta legalitasnya pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab investasi memiliki risiko terutama potensi penipuan yang merugikan.

  • Mempelajari Produk Obligasi dengan Baik

Tidak kalah penting untuk mempelajari produk obligasi sebelum membelinya. Masing-masing produk memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Untuk dapat memahaminya dan menimbang apakah instrumen ini cocok untuk Anda, bisa juga berkonsultasi dengan penasehat finansial.

  • Analisa Sebelum Membeli Investasi Obligasi

Selanjutnya coba analisa untung rugi yang akan Anda dapatkan. Hal ini tentu tidak sederhana untuk dilakukan sendiri. Ada beragam faktor yang dipertimbangkan dalam analisa ini, mulai dari jangka waktu jatuh tempo, fitur seperti penjualan kembali, dan tingkat nilai kuponnya, dicocokkan dengan tujuan investasi Anda.

  • Persiapkan Dana Investasi Tersendiri

Anda juga perlu mempersiapkan dana untuk investasi, dan yang perlu diperhatikan gunakan dana tidak terpakai yang memang diperuntukkan sebagai simpanan atau investasi. Jangan sampai menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-hari atau dana tabungan yang sudah diperuntukkan untuk kebutuhan lain. Selain membuat arus keuangan tidak sehat, juga dapat menghambat pemberian setoran dana.

  • Penyelesaian Pembayaran Tepat Waktu

Pastikan untuk menyelesaikan pembayaran tepat waktu saat melakukan pembelian obligasi. Dalam setiap pembayaran kamu akan mendapat catatan KSEI sebagai bukti Anda memiliki obligasi yang terdaftar.

Itulah sederet ulasan dasar mengenai investasiĀ  obligasi yang perlu diketahui sebelum memutuskan berinvestasi. Setidaknya sebagai pedoman untuk mempertimbangkan risiko yang mungkin didapat. Lalu Anda pasti penasaran soal tips agar investasi obligasi aman dan menguntungkan.

Tips Membeli Obligasi Aman dan Menguntungkan

Agar investasi Anda jadi menguntungkan, pertimbangkan hal berikut untuk memulai investasi:

  1. Tetapkan Tujuan Investasi

Dalam investasi bentuk apapun, tujuan menjadi sangat penting sebagai motivasi pribadi. Selain itu tujuan berguna untuk memutuskan perencanaan salah satunya untuk menentukan jangka waktu. Dengan tujuan, kamu akan termotivasi untuk tidak mudah tergoda mengutak-atik investasi.

  1. Pilih Nilai Kupon

Jika sudah memiliki tujuan, pastikan nilai kupon pada instrumen obligasi sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Ingat bahwa nilai kupon ini tetap dan tidak terpengaruh fluktuasi apapun.

  1. Perhatikan Periode Jatuh tempo

Sebagai jenis investasi berjangka, penting untuk memastikan periode investasi jatuh tempo yang dapat disesuaikan pada kondisi finansial. Hal ini juga berkaitan dengan perencanaan kapan Anda membutuhkan dana atau hasil investasinya, barulah Anda dapat sesuaikan dengan waktu jatuh tempo produknya.

Investasi Obligasi dengan DBS Treasures

Investasikan dana Anda dalam instrumen investasi obligasi dari lembaga keuangan terpercaya. DBS sebagai priority banking untuk investasi menawarkan peluang investasi melalui DBS Treasure. Investasi obligasi dengan segala keunggulan yang dimiliki.

Masih belum yakin mempercayakan dana Anda pada DBS Treasures? Fitur DBS Treasures memudahkan Anda mengelola dana untuk memperoleh keuntungan investasi. Berikut ini fitur dan manfaat investasi obligasi dan reksadana berkala DBS Treasure:

  • Investasi secara konsisten

Dana Anda dapat didebet langsung setiap bulannya. Anda dapat mengatur nilai debit dan tanggal, selanjutnya fitur akan mengikuti secara otomatis. Fitur ini membantu Anda yang sibuk dan sering lupa agar dapat tetap berinvestasi secara konsisten.

  • Fleksibilitas tinggi

Pendebetan otomatis dapat diatur sesuai keinginan investor. Anda dapat menentukan nilai investasi dan tanggal pendebetan sesuai preferensi. Sehingga dapat menyesuaikan kemampuan finansial tanpa perlu khawatir. Pertimbangkan tanggal gajian untuk menetapkan tanggal pendebetan untuk memastikan dana untuk kebutuhan tercukupi.

  • Pilihan produk komprehensif

Tersedia pilihan produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Pilihan reksadana mulai dari pasar uang hingga saham, dalam mata uang rupiah maupun dolar AS. Pilih yang mana saja sesuai kebutuhan yang pasti menguntungkan.

  • Dikelola profesional

Dikelola manajer investasi profesional dan memiliki kinerja terpercaya. Jadi Anda tidak perlu khawatir merugi karena profesional akan menekan risiko kerugian yang mungkin terjadi. Namun tetap lebih baik jika Anda memahami seluk beluk dunia investasi.

Mudah bukan? Tunggu apa lagi segera ambil langkah penting dalam hidupmu, mulailah investasi bersama DBS Treasures dan raih masa depan finansial yang lebih baik.