Kesehatan

Tuesday, 25 February 2020 - 13:56 WIB

1 month yang lalu

logo

Ibu Hamil Harus Tahu! Inilah Jenis-jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kehamilan

Sebagai seorang wanita, tentu saja kita pasti akan mengalami sebuah kondisi yang berupa kehamilan. Ya, kehamilan ini merupakan sebuah momen paling membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri, dikarenakan sebentar lagi mereka akan segera dikaruniai seorang anak. Guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan, tentunya kita wajib memenuhi asupan nutrisi. Berbicara soal asupan nutrisi, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis makanan yang bagus untuk kehamilan. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini :

* Gandum

Jenis makanan pertama yang bagus untuk kehamilan, yakni berupa gandum. Berdasarkan dari hasil penelitian, gandum ini kaya akan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil lho. Ya, kandungan nutrisi tersebut diantaranya adalah serat, vitamin E, dan selenium yang bermanfaat untuk membantu perkembangan janin selama kehamilan.

* Nasi Merah

Apabila binda tidak suka gandum, maka bisa menggantinya dengan mengonsumsi beras merah. Soalnya, kandungan pada nasi merah juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, karena berperan penting dalam membantu tumbuh kembangnya janin dalam kandungan.

* Ubi

Orang Indonesia mana sih yang tidak kenal pada makanan yang satu ini? Dikutip dari salah satu situs kesehatan terkemuka dunia, ubi ini mempunyai kandungan vitamin B6, potassium, vitamin C, zat besi, dan beta karoten. Nah, semua kandungan pada ubi ini bermanfaat untuk membantu perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi dalam janin lho.

* Kacang-kacangan

Kita memang sangat beruntung bisa terlahir di tanah yang kaya akan sumber daya alam ini. Pasalnya, ada banyak sekali makanan-makanan berasal dari alam yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Ya, salah satunya adalah kacang-kacangan, yang memang sudah terbukti bagus untuk ibu hamil. Adapun mengenai beragam kandungan nutrisi pada kacang-kacangan yang bagus untuk kehamilan, seperti folat, zat besi, kalsium, dan seng. Bukan hanya itu saja, kacang-kacangan ini juga kaya akan kandungan serat yang dapat melancarkan susah buang air besar lho.

* Daging Tanpa Lemak

Ibu hamil sangat memerlukan protein untuk mendukung pertumbuhan bayi, dan memastikan agar otot-ototnya berkembang dengan baik. Oleh karena itu, daging merupakan sumber protein yang bagus karena bisa menyuplai dosis vitamin B6 sehingga dapat membantu pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, daging ini mampu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah.

* Telur

Ketika ibu hamil memasuki trimester kedua dan ketiga, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi telur. Mengapa demikian? Pasalnya, telur ini merupakan sumber protein dengan kandungan zat kolin, yang bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi. Bukan hanya itu, telur juga kaya akan kandungan folat yang bagus untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janins selama kehamilan.

* Ikan Salmon

Jenis makanan berikutnya yang direkomendasikan untuk ibu hamil, yakni berupa ikan salmon. Ya, ikan salmon ini mempunyai asam lemak omega 3 dan protein, yang dapat membantu otak bayi agar berkembang. Selain itu, ikan salmon juga dapat meningkatkan keterampilan motorik serta mengurangi resiko masalah neurologis pada anak dikemudian hari.

Itulah beberapa jenis makanan yang bagus untuk kehamilan. Selain makanan-makanan diatas tadi, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen-suplemen khusus kehamilan seperti Blackmores I Folic.

Artikel ini telah dibaca 83 kali

Baca Lainnya