Jangan Anggap Sepele, Gejala Asam Lambung Bisa Timbulkan Resiko Ini

  • 2 min read
  • Feb 20, 2021
Gejala Asam Lambung

Menjaga kesehatan mempunyai banyak hal yang bisa diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan gejala yang dirasakan oleh tubuh sebelum membuat penyakit menjadi lebih parah. Dimana biasanya ketika tubuh mengalami kondisi yang bisa mengganggu kesehatan, maka akan otomatis untuk menunjukkan gejala yang tidak biasa.

Sehingga gejala yang dirasakan tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan diagnosa ketika melakukan pemeriksaan ke dokter. Gejala tersebut juga menjadi hal yang perlu diperhatikan, sehingga bisa untuk mencegah komplikasi penyakit yang lebih berbahaya atau menjadi penyakit yang lebih kronis apabila tidak diatasi dengan segera.

Begitu juga bagi Anda yang merasakan rasa tidak nyaman pada bagian lambung yang merupakan salah satu tanda dari masalah atau gangguan yang terjadi pada organ bagian lambung. Asam lambung sendiri merupakan penyakit yang akan mengganggu proses pencernaan. Dimana apabila terjadi kondisi ini akan membuat asam lambung naik dan dapat mengganggu proses pencernaan.

Fungsi dari asam lambung sendiri adalah untuk membantu proses pencernaan dan menetralisir enzim, sehingga akan dapat membunuh kuman berbahaya di dalam makanan. Oleh karena itulah manfaat tersebut akan dapat memastikan kadar asam lambung sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Apabila menjalankan fungsinya dengan optimal maka akan dapat untuk mengatur jumlah kadar asam lambung agar tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak. Karena nantinya apabila mengalami hal tersebut maka akan dapat mengganggu kesehatan.

Karena pentingnya asam lambung tersebut maka Anda bisa untuk menjaga kesehatan organ yang satu ini. Selain itu juga perlu memperhatikan apabila timbul gejala asam lambung naik atau terjadi gangguan pada asam lambung. Dimana beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh tubuh adalah sebagai berikut ini:

  1. Gejala pertama adalah ketika mengalami perut kembung dan terasa begah.
  2. Mengalami masalah pencernaan seperti diare.
  3. Sering bersendawa dan juga buang angin.
  4. Mengalami rasa nyeri perut dan juga sakit yang ada di ulu hati.
  5. Mengalami mual hingga muntah.
  6. Membuat tubuh merasa lemas dan lesu.

Beberapa hal di atas merupakan gejala yang dirasakan ketika mempunyai asam lambung yang terlalu sedikit. Sehingga akan merasakan gejala yang membuat rasa tidak nyaman pada sekitar perut. Seperti mengalami masalah pencernaan, sakit perut, perut kembang, dan juga rasa ingin muntah. Hal tersebut juga akan membuat tubuh lemas seperti kehilangan tenaga. Oleh karena itulah untuk menghindari berbagai gejala tersebut, maka perlu untuk menjaga agar tidak kekurangan asam lambung.

Selain gejala di atas, Anda juga akan bisa merasakan gejala yang tidak nyaman apabila mempunyai kadar asam lambung yang terlalu tinggi. Sehingga juga akan menunjukkan gejala yang tidak nyaman dan mempunyai gangguan kesehatan yang dapat terjadi. Oleh karena itulah, selain menjaga kadar asam lambung tidak terlalu sedikit, juga sebaliknya pastikan untuk menjaga kadar asam lambung agar tidak berlebihan.

Adapun untuk beberapa tanda asam lambung yang dapat dirasakan ketika mempunyai kadar yang terlalu tinggi adalah:

  1. Gejala pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengalami nyeri ulu hati atau heartburn. Gejala ini akan membuat Anda merasakan sensasi perih yang terjadi di sekitar perut bagian atas dan juga di dada.
  2. Selanjutnya Anda juga bisa mengalami GERD atau penyakit asam lambung yang membuat iritasi pada dinding kerongkongan.
  3. Mengalami gigi rusak yang disebabkan oleh cairan lambung yang naik ke kerongkongan hingga mulut, sehingga dapat mengikis email gigi.
  4. Mengalami masalah pernafasan dan radang kerongkongan.
  5. Mengalami esofagus barret.