Jenis Sertifikasi Pengelasan yang Perlu Diketahui

  • 2 min read
  • May 02, 2021
Jenis sertifikasi pengelasan

Jenis sertifikasi pengelasan berbeda-beda tergantung dari seberapa ahli Anda dalam bidang pengelasan. Tukang las dapat disebut juga sebagai Welder. Profesi welder ini merupakan profesi yang memiliki tugas untuk menyambungkan benda yang terbuat dari Kuningan, aluminium, baja dan jenis logam yang lainnya. Di dunia industri jurus las atau welder ini harus memiliki sertifikat yang berstandar nasional maupun internasional.

Sertifikasi welder dikeluarkan oleh LSP (Lembaga sertifikasi Profesi). Nah LSP sendiri sudah memiliki lisensi dari BNSP. Terdapat banyak jenis sertifikasi pengelasan yang bisa dibedakan berdasarkan mesin las dan posisi pengelasan yang sedang diujikan. Adanya sertifikat welder ini juga berkaitan dengan gaji yang akan didapatkan.

Biasanya tukang las yang sudah memiliki sertifikat gajinya lebih tinggi dari yang tidak memiliki sertifikat. Selain itu sertifikat pengelasan juga digunakan untuk membuat produk yang membutuhkan tenaga profesional dalam bidang las. Jadi sertifikat pengelasan ini memiliki banyak fungsi lainnya. Untuk mengetahui jenis sertifikat las akan dijelaskan pada paragraf selanjutnya.

Jenis Sertifikat Pengelasan

Berikut ini Jenis sertifikasi pengelasan yang bisa Anda ketahui

  • BSNP
  • Kemenaker
  • Migas
  • Sertifikat Internasional welder IIW (International Institute of Welding)
  • BKI ( Biro Klasifikasi Indonesia)

Jika Anda sudah mengetahui jenis sertifikat pengelasan maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkannya. Untuk mendapatkan sertifikat apapun profesinya tentunya bukanlah suatu hal yang mudah dan cepat. Anda membutuhkan proses untuk mendapatkannya.

Jika Anda ingin menjadi juru las yang profesional dan handal Anda membutuhkan kerja keras dan proses. Kenapa? Karena pekerjaan pengelasan. Jeni membutuhkan skill dan latihan yang berkelanjutan. Anda membutuhkan tips untuk bisa menjadi juru las yang profesional.

Tips Menjadi Juru Las Profesional

Untuk mendapatkan sertifikat welder Anda juga harus menjadi profesional dahulu. Berikut inilah tipsnya

  • Bersekolah di jurusan pengelasan

Jika Anda dari awal bertekad untuk menjadi juru las maka Anda juga harus menjalankan sekolah yang memiliki jurusan las. Pilihlah sekolah SMK yang memiliki teknik pengelasan. Biasanya pada ranah SMK ini akan dijelaskan pengetahuan dasar tentang pengelasan. ,simbol las, jenis sambungan las dan hal lainnya yang berhubungan dengan pengelasan.

  • Mengikuti beberapa pelatihan pengelasan

Jika Anda sudah bekerja dan memiliki keinginan  untuk menjadi juru las profesional sebaiknya itulah beberapa pelatihan. Anda bisa memilih untuk melakukan pelatihan swasta maupun dari pemerintah. Biasanya pemerintah melalui balai Latihan Kerja (BLK) mengadakan program pengelasan.

Adanya ikut serta dalam beberapa latihan akan membuat kemampuan Anda semakin teriak dan mendapatkan pengetahuan yang baru lagi. Tapi yang perlu diperhatikan ketika ingin mengikuti pelatihan yaitu materi yang akan diadakan dalam program pengelasan.

  • Mempelajari K3 pengelasan

Pekerjaan pengelasan tergolong pekerjaan yang memiliki resiko yang tinggi. Untuk itu juru las yang profesional harus memahami K3 pengelasan. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada kecelakaan kerja yang akan merugikan diri sendiri, orang lain dan perusahaan.

  • Mengikuti program Magang

Ikutilah program magang karena dari program magang ini Anda akan dihadapkan secara nyata produk sebenarnya yang akan dilas. Pada program magang ini Anda bisa menemukan kesulitan yang lebih banyak dibandingkan ketika melakukan pelatihan.

Adanya kesulitan tersebut inilah yang membuat kemampuan pengelasan menjadi lebih baik lagi. Biasanya adanya program yang ini menyatu dengan program pelatihan.

  • Mengikuti sertifikasi juru las

Jika Anda merasa kemampuan pengelasan sudah Bagus dan baik Anda bisa mengikuti  program sertifikasi juru las. Percuma saja jika Anda memiliki kemampuan yang Bagus tanpa adanya sertifikat. Kemampuan Anda tidak akan diakui oleh perusahaan maupun industri.

Tempat Pelatihan dan Sertifikasi Juru Las

Untuk Anda yang ingin melakukan pelatihan dan sertifikasi Juru Las, Anda dapat mendaftar di PT Allpro. Kami sudah berpengalaman dibidang pengelasan tingkat Internasional dan Nasional serta trainer yang expert dibidang pengelasan.

Jenis sertifikasi pengelasan yang sudah dijelaskan sebelumnya tentunya sangat bermanfaat untuk Anda. Apalagi yang sedang mencari sertifikat juru las. Anda bisa mengikuti tips yang sudah dijelaskan sebelumnya.