Manfat Ayunan Bayi yang Bukan Sekedar Penenang Tirdur

  • 2 min read
  • Nov 03, 2020
Manfat Ayunan Bayi yang Bukan Sekedar Penenang Tirdur

Ayunan bayi atau yang biasa disebut baby bouncer adalah kursi khusus bayi yang berukuran pendek dengan tujuan memudahkan mengayun bayi. Menimbang bayi akan menjadi lebih praktis karena bantuan baby bouncer yang memiliki mesin atau susunan komponen yang otomatis. Biasanya bayi akan duduk terlentang pada kursi dan orang dewasa hanya perlu mendorong ayunan atau menyalakan mesin. Kursi bergoyang dan bayi akan menjadi lebih tenang.

Baby bouncer yang ideal harus memiliki bantalan kain atau terbuat dari bahan yang ramah pada anak-anak. Perancang produk juga mengembangkan kursi bouncing bayi agar mudah diatur dan disimpan, sehingga sebagian besar model berukuran kecil, ringan, dan dapat dilipat. Jika ada baby bouncer yang menambahkan sendi pada bingkainya tentu akan mengajarkan si kecil pada kesadaran respon.

Setiap baby bouncer dibuat sedemikian rupa agar si kecil tidak berlama-lama pada gendongan orang dewasa. Paling tidak ada waktu istirahat bagi orang dewasa untuk mengendurkan otot tangan beberapa menit. Ada pula baby bouncer yang memiliki variasi beragam untuk memudahkan aktivitas si kecil, seperti dilengkapi meja makan, lagu-lagu ceria, atau gantungan mainan. Teknologi yang semakin canggih juga memungkinkan baby bouncer mampu dikendalikan dengan smartphone. Lantas, apa saja manfaat baby bouncer untuk si kecil? Berikut pemaparan manfaat ayunan bayi untuk si kecil.

Memberikan Perlindungan

Bayi dan balita rentan terhadap cedera akibat jatuh dan kecelakaan. Untuk mencegah risiko cedera, orang tua harus lebih berhati-hati terutama saat mendampingi anak balita. Salah satu manfaat baby bouncer adalah letaknya yang dekat dengan tanah dan memiliki alas yang luas, sehingga amat stabil untuk menjaga si kecil dari benturan tanah atau lantai. Model baby bouncer yang baik juga harus memiliki fitur keselamatan tambahan seperti sabuk dan tali pengaman. Dengan cara ini, baby bouncer adalah tempat yang jauh lebih aman daripada kursi dan sofa biasa yang biasa digunakan orang dewasa.

Kenyamanan

Balita memiliki karakteristik yang mudah gelisah, dengan adanya ayunan paling tidak si kecil akan dengan mudah merasa nyaman dari posisi tidur atau duduk yang salah. Kursi yang keras mungkin tidak membuat balita tidak berhenti menangis, meski Anda mencoba menenangkannya. Baby bouncer yang baik dapat mengatasi masalah kenyamanan dengan baik karena bantalan yang empuk dan permukaan kursi yang halus.

Operasi Hands-Free

Terlepas dari niat terbaik Anda sebagai orang tua, akan ada kalanya Anda harus melakukan aktivitas selain mengasuh anak, seperti memasak atau bersih-bersih. Mungkin sulit untuk mengamankan si kecil dengan aktivitas yang bersamaan, apalagi jika anak selalu bergerak dan sangat aktif. Anda bisa mengatasi masalah tersebut hanya dengan membiarkan si kecil duduk pada baby bouncer, memasangkan safety belt dan meninggalkan mainan. Paling tidak si kecil bisa aktif menggenggam mainan dan duduk dengan posisi yang nyaman serta aman.

Merangsang Syaraf motorik bayi

Baby bouncer dapat merespons gerakan bayi, memungkinkan anak bergoyang dan bergoyang dengan nyaman. Kursi biasa tidak dapat memberi fasilitas ini. Sebagian besar model memiliki target kursi goyang, yang mendorong bayi untuk bergerak dan bangkit. Goyangan dan getaran memberikan rangsangan yang diinginkan bayi. Selain itu, kebanyakan baby bouncer didesain dengan warna cerah, sehingga mampu merangsang bayi untuk terbiasa menangkap warna yang ada di sekitarnya.

Hiburan

Bayi yang bosan bisa menjadi bayi yang rewel dan murung, maka dari itu sebagai orang dewasa adalah tanggungjawab kita agar si kecil mendapat hiburan yang benar untuk perkembangan otak. Baby bouncer yang memiliki mainan built-in dapat menghibur anak, mengurangi rasa bosan dan merangsang kerja otak mereka. Bahkan ada beberapa baby bouncer yang memberi bonus boneka yang bisa berbicara, memutar musik, sehingga mampu mengubah mood si kecil dalam waktu singkat.