Susu Tinggi Kalsium, Apa Semuanya Bermanfaat?

  • 3 min read
  • May 14, 2021
Susu Tinggi Kalsium

Definisi susu tinggi kalsium sebenarnya sangat luas. “Susu bermanfaat bagi tubuh”, begitu kata iklan-iklan pada tahun 1980-an. Pesan yang sederhana, tetapi kenyataannya lebih kompleks. Memang banyak vitamin dalam minuman ini. Tapi saat ini ada beragam jenis susu yang memiliki berbagai kandungan vitamin yang berbeda-beda.

Pada dasarnya semua susu’ tidak diciptakan sama. “Perbedaan nutrisi sangat besar. Pertimbangkan untuk menggunakan susu nabati seperti susu kedelai jika Anda memiliki alergi atau intoleransi laktosa. Tetapi perlu diingat bahwa asupan protein dan riboflavin akan lebih sedikit. Ini adalah nutrisi penting.” kata Lise Gloede, ahli diet terdaftar yang berbasis di Arlington, Virginia.

Susu mana yang paling sehat?

Memilih susu yang paling sehat untuk Anda adalah hal personal yang tidak bisa ditanyakan kepada orang lain, kata Gloede. “Saat memilih susu hewani atau susu nabati, saya menyarankan konsumen untuk bertanya pada diri sendiri nutrisi mana yang paling penting, baru pikirkan tentang rasanya,” katanya.

“Jika Anda perlu menambah berat badan dan membutuhkan lebih banyak kalori, protein, kalsium dan kalium seperti para atlet dan orang-orang yang mungkin kekurangan berat badan, Anda bisa membeli susu sapi utuh penuh lemak / biasa.” Di sisi lain, jika Anda mencoba menurunkan berat badan dan perlu mengurangi kalori, Anda dapat memilih opsi nabati tanpa pemanis, seperti susu almond.

Apa itu susu murni?

Susu murni adalah susu yang berasal dari hewan yang belum tercampur dengan bahan apapun. Susu sapi utuh terdiri dari sekitar 88% air, 5% laktosa (karbohidrat), 3% lemak, 3% protein, dan sejumlah mineral kalium dan fosfor. Komposisi susu tergantung pada jenis sapi yang diperah, pola makan hewan dan level laktasinya. Susu sapi mengandung nutrisi seperti vitamin B1, vitamin C, vitamin D, niacin dan folat dalam jumlah sedang. Ada juga kandungan mineral yang meningkatkan pembentukan tulang tubuh ketika tubuh kita tumbuh selama masa kanak-kanak dan remaja serta fungsi enzim.

“Susu sapi biasa seringkali menjadi standar emas untuk kesehatan, menyediakan campuran kalsium, vitamin D, vitamin B12, fosfor dan riboflavin dan niasin yang diperlukan,” kata Jenna Bell, ahli diet terdaftar yang berbasis di St. Petersburg, Florida.

“Dulu susu tidak memiliki persaingan karena alternatifnya lebih rendah gizinya. Tetapi karena penelitian dan kualitas susu alternatif telah meningkat dengan jenis dan fortifikasi baru, ‘susu’ lain telah memasuki bidang kesehatan dan masuk ke dalam pasar bahan makanan.”

Berapa banyak kalsium dalam susu?

Satu hal yang perlu diingat saat memutuskan susu mana yang terbaik untuk Anda adalah kandungan kalsiumnya. Setiap orang harus memiliki asupan kalsium untuk tulang. Kalsium membantu membangun dan memelihara tulang yang kuat dan juga membantu jantung, otot, dan saraf berfungsi secara optimal. Terlalu sedikit kalsium dalam tubuh akan menimbulkan masalah baru dalam tubuh. Anak-anak yang tidak mendapatkan cukup kalsium mungkin tidak mencapai tinggi badan yang ideal hingga mereka dewasa, dan orang dewasa mungkin memiliki massa tulang yang rendah. Ketika orang dewasa kekurangan kalsium, mereka akan menderita osteoporosis saat tua nanti.

Bagaimana Mengetahui Jika Anda Kekurangan dalam 5 Nutrisi Ini

Tunjangan kalsium harian yang direkomendasikan bervariasi menurut usia dan jenis kelamin. Dari usia 19 hingga 70 tahun, pria harus mendapatkan 1.000 miligram kalsium, dan 1.200 miligram jika mereka berusia 71 tahun ke atas. Wanita berusia antara 19 dan 50 tahun harus mendapatkan 1.000 miligram kalsium sehari, dan 1.200 jika mereka berusia 51 tahun ke atas.

Anak-anak membutuhkan jumlah kalsium yang bervariasi tergantung pada usia mereka; bayi yang berusia kurang dari 6 bulan harus mendapatkan 200 miligram dari susu tinggi kalsium setiap hari. Hal itu termuat dalam National Institutes of Health and Human Development yang ditulis oleh Eunice Kennedy Shriver. Jumlahnya asupan susu tinggi kalsium meningkat seiring bertambahnya usia, mulai dari 700 miligram setiap hari untuk anak-anak antara usia 1 dan 3 hingga 1.300 miligram sehari untuk remaja antara usia 14 dan 18 tahun.

Jenis susu yang berbeda mengandung berbagai tingkat kalsium. Secangkir susu murni seberat 8 ons memiliki 276 miligram kalsium, sementara susu skim mengandung 299 miligram. Jumlah yang sama dari susu kedelai memiliki 61 miligram kalsium, sedangkan satu jenis susu almond mengandung jumlah yang hampir sama. Kebanyakan susu nabati diperkaya dengan kalsium dan mengandung 25% hingga 50% dari tunjangan harian kalsium yang direkomendasikan untuk orang dewasa, kata Dudash. Namun, yang berbahan nabati bukan yang termasuk dalam golongan susu tinggi kalsium.