Swab Test Antigen: Lakukan Protokol Kesehatan Berikut Ini Saat Keluar Rumah

  • 2 min read
  • Jul 17, 2021
Swab Test Antigen

Sudah setahun lebih pandemi virus corona hadir. Dan sudah selama itu juga, protokol kesehatan digalakkan oleh pemerintah kepada para masyarakat. Tujuan dari pelaksanaan protokol kesehatan tentunya agar bisa membantu mencegah penularan virus corona yang mematikan. Penerapan protokol kesehatan ini dijalankan baik itu di dalam rumah maupun luar rumah. Di kala pandemi ini, jika Anda tidak memiliki kegiatan penting di luar rumah, akan lebih baik jika tinggal di rumah saja alias tidak pergi kemana-mana. Hal ini untuk mengurangi intensitas berinteraksi dengan orang banyak. Yang mana juga bisa berpotensi terpapar atau mungkin menularkan virus pada orang lain.

Jika terpaksa harus keluar rumah dan tergolong penting, seperti bekerja, berbelanja kebutuhan rumah, dll, maka sebaiknya jangan sampai lupa untuk menjalankan protokol kesehatan. Adapun beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan ketika berada di luar rumah, yaitu:

  • Selalu menggunakan masker.

Ketika Anda sedang berada di luar rumah, jangan sampai lupa untuk menggunakan masker. Masker yang digunakan tidak harus masker medis, untuk masker kain juga bisa. Pastikan cara penggunaan maskernya sesuai standar kesehatan. Hal ini berlaku juga untuk anak-anak. Sehingga jika Anda sudah memiliki anak-anak, sebaiknya perhatikan juga penggunaan masker pada si kecil ketika mengajaknya bepergian keluar rumah. Ketika berada di tempat yang cukup ramai dan susah untuk berjaga jarak, sebaiknya gunakan masker secara double. Yaitu kombinasi antara masker bedah yang dipakai di bagian dalam, baru kemudian menggunakan masker kain 3 lapis untuk bagian luarnya.

  • Hindari menyentuh benda-benda di tempat umum.

Meskipun tempat umum yang Anda kunjungi dalam kondisi sepi, namun sebaiknya usahakan agar tidak sering menyentuh benda-benda yang ada di area tersebut. Hal ini dikhawatirkan jika benda-benda tersebut sudah terpapar virus corona. Jika sampai benda di tempat umum itu tersentuh tangan, kemudian menyentuh area wajah tanpa cuci tangan terlebih dahulu maka resiko terinfeksi virus mematikan ini akan semakin besar.

  • Selalu melakukan physical distancing atau jaga jarak.

Saat berada di luar rumah, lakukan jaga jarak atau physical distancing dengan orang lain sejauh 1-2 meter. Hal ini bertujuan untuk menghindari paparan virus corona ketika orang lain sedang bersin, batuk, atau bahkan meludah di dekat Anda.

  • Menjaga kebersihan diri dengan baik.

Saat ini hampir di semua tempat umum sudah disediakan tempat untuk mencuci tangan sebelum memasuki areanya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu cuci tangan dengan bersih dan benar. Pastikan jika semua permukaan tangan memang sudah terkena air sabun, terutama di bagian sela-sela jari. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya bawa handsanitizer saat bepergian kemana-mana. Sehingga ketika tidak menemukan tempat untuk cuci tangan, maka bisa menggunakan handsanitizer yang sudah dibawa.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, selain melakukan protokol kesehatan yang sudah disebutkan tadi, maka sebaiknya juga melakukan swab test antigen. Hal ini terutama bagi Anda yang sering bepergian keluar rumah, memiliki gejala yang sesuai dengan gejala COVID-19 (demam, batuk, lemah, dan sesak napas), memiliki riwayat melakukan kontak dengan mereka yang dicurigai terinfeksi COVID-19, melakukan kegiatan yang beresiko terkena paparan COVID-19, serta dirujuk oleh dokter.

Untuk melakukan rapid test antigen ataupun swab test antigen, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Anda bisa datang ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan test skrining ini. Namun untuk lebih amannya sebaiknya mengundang tenaga medis profesional ke rumah untuk melakukan test skrining. Aido Health bisa menjadi solusi mudah dan praktis bagi Anda yang membutuhkan test antigen dengan tenaga medis yang datang langsung ke rumah. Untuk bisa menggunakan layanan kesehatan dari Aido Health, segera miliki aplikasinya sekarang juga!.