Nutrisi Anak untuk Usia (1-3) yang Tepat

  • 2 min read
  • Jul 13, 2021
Nutrisi Anak untuk Usia (1-3) yang Tepat

Apakah anak ibu sudah berusia setahun? Sehingga dia sudah menemukan sebuah dunia yang baru. Ada salah satu penemuan baru yang paling menarik dan juga menimbulkan rasa ingin tahunya yakni pada makanan. Sehingga mereka mulai merumuskan preferensi untuk selera baru dan juga pada tekstur, maka jangan menunggu dan menghilangkan kesempatan ini untuk bisa memperkenalkan diet sehat untuk anak ibu.

5 Kunci Kebutuhan Nutrisi untuk Anak

Pastinya ibu juga tahu bahwa ibu sudah memberikan formula yang tepat jika 5 kelompok dasar yang ada dibawah ini sudah terpenuhi dalam dietnya. Berikut adalah ulasan secara lengkapnya.

1. Memberikan sumber karbohidrat kompleks

Pada seorang anak yang tumbuh aktif pastinya membutuhkan banyak energi. Maka dari itu berikan makan anak ibu dengan makanan pokok, yang bersumber dari karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah, Ubi-ubian, roti gandum dan juga oats. Berikan penyajian ini sekitar 4-6 dalam sehari dalam porsi yang cukup.

2. Memberikan Buah-buahan dan sayuran

Hal ini juga sangat penting untuk anak ibu agar bisa menikmati makanan hijau. Sayuran hijau misalnya seperti brokoli dan bayam, dan juga berbagai warna-warna makanan yang cerah misalnya seperti wortel dan tomat yang kaya akan serat, energi, vitamin, antioksidan, dan juga air, serta akan melindungi anak ibu dari berbagai penyakit. Maka anak mana yang tidak tertarik pada warna-warna yang cerah, maka dari itu mulailah menarik perhatian anak ibu pada buah-buahan yang berwarna-warni, misalnya seperti pisang, pepaya, jeruk dan juga apel. Untuk penyajian bisa 2 – 3 penyajian per harinya.

3. Berikan Susu dan produk-produk susu

Untuk olahan dari susu misalnya, yoghurt, dan keju yang membantu membangun tulang dan gigi yang kuat karena produk-produk tersebut juga merupakan produk yang tinggi akan protein dan kalsium. Tali ada alternatif lainnya, yakni dengan beri anak ibu tiga gelas Anmum Essential 3 setiap harinya. Dengan Anmum Essential 3 yang bukan hanya mengandung protein dan kalsium, akan tetapi juga nutrisi penting lainnya misalnya seperti Zat Besi, Gangliosida, DHA, FOS, Sialic Acid (SA), EFA (Omega 3 & 6), fosfolipid, dan banyak lagi lainnya.

4. Memberikan sumber protein

Dengan memberikan protein yang sangat diperlukan anak ibu untuk tumbuh dan berkembang menjadi otot yang kuat. Misalnya seperti Daging, ikan, ayam dan alternatif daging, bisa didapatkan dari telur dan tahu yang juga baik diberikan kepada si Kecil yang mengandung vitamin B12, zat besi, zinc, dan asam lemak omega 3 juga sangat penting untuk perkembangan otak dan pembelajaran anak.

5. Lengkapi Cairan

Memberikan air putih, susu dan jus buah tanpa gula juga menjadi minuman pilihan anak yang tepat. Sehingga jangan mendorong anak ibu untuk mengonsumsi minuman dengan gula tinggi misalnya seperti soda ataupun soft drinks, dimana minuman-minuman tersebut tidak memberikan nutrisi, akan tetapi tinggi kalori.

Perencanaan Makanan yang Bagus dan Tepat

Untuk perencanaan ini tergantung pada usia, ukuran badan dan juga seberapa aktifnya anak ibu, sehingga anak ibu juga akan membutuhkan sekitar kurang lebih 1.000 hingga 1.400 kalori per hari. Untuk lima sampai enam porsi kecil makanan dalam sepanjang hari pada waktu yang teratur merupakan hal yang baik. Maka secara alami, ibu juga pasti ingin yang terbaik untuk anak ibu, akan tetapi jangan memaksa anak ibu untuk makan makanan tertentu. Dan jangan membuat diri ibu sendiri menjadi stres jika makanannya tidak habis. Karena hal ini akan membawa tekanan tersendiri ketika waktu makan, namun seharusnya tidak begitu, karena waktu makan harusnya menjadi hal yang menyenangkan bagi anak dan ibu.