Tips Menggunakan Conditioner Agar Hasilnya Maksimal ala SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 06, 2021
conditioner untuk rambut kering

Apakah Anda mengalami rambut kering dan terlihat kusam ? Masalah tersebut biasanya terjadi karena rambut sering terpapar sinar matahari, sering terkena air asin, kulit kepala kering hingga iklim yang panas. Akan tetapi, tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, ada solusi terbaik untuk Anda. Salah satu solusinya yakni Anda bisa menggunakan conditioner untuk rambut kering.

Penggunaan conditioner dinilai mampu mengatasi masalah tersebut secara maksimal. Produk ini akan membantu dalam perawatan rambut untuk melebatkan sehingga rambut akan lebih mudah diatur. Umumnya, conditioner ini digunakan setelah Anda berkeramas.  Jadi penggunaannya memang sedikit berbeda dengan shampo pada umumnya.

Tips Menggunakan Conditioner Agar Hasilnya Maksimal

Dengan menggunakan conditioner, masalah rambut kering Anda akan lebih cepat teratasi.

Keramas Terlebih Dahulu

Perlu diketahui, penggunaan conditioner harus setelah Anda melakukan meramas. Pastikan kondisi rambut masih dalam keadaan lembab, jadi penggunaannya setelah Anda menggunakan shampo. Disarankan untuk Anda menggunakan shampo yang sesuai dengan masalah rambut kering. Hal ini bertujuan agar penggunaan conditioner dapat dirasakan manfaatnya lebih besar.

Pastikan Rambut Tidak Dalam Keadaan Basah

Hindari penggunaan conditioner dalam keadaan rambut basah setelah keramas. Anda perlu memeras rambut terlebih dahulu secara perlahan untuk mengurangi kadar airnya. Caranya bisa dengan memeras perlahan kemudian menepuknya menggunakan handuk. Jika rambut masih dalam keadaan basah, penggunaan conditioner menjadi tidak maksimal. Karena conditioner akan mudah larut dan nutrisi yang terkandungnya tidak dapat diserap rambut.

Gunakan Secukupnya

Anda mungkin berpikir, semakin banyak penggunaan conditioner mampu memberikan nutrisi lebih untuk rambut. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak memberikan conditioner terlalu banyak, gunakan saja secukupnya. Sesuaikan banyaknya conditioner dengan volume rambut yang dimiliki. Anda bisa memperkirakan sendiri seberapa banyak conditioner yang digunakan. Dengan cara ini, penggunaan conditioner akan lebih maksimal dan rambut mampu menyerap nutrisi yang cukup.

Aplikasikan Dari Ujung Rambut

Dalam menggunakan conditioner, hal ini perlu untuk diperhatikan dengan baik. Aplikasikan conditioner dari ujung rambut sampai bagian sepertiga, setengah atau pangkal rambut. Namun, jangan sampai mengenai kulit kepala karena beresiko produksi minyak berlebihan. Tak sedikit orang yang alergi ketika conditioner mengenai bagian kulit rambut. Maka dari itu, dalam pengaplikasiannya perlu untuk diperhatikan.

Gunakan Sisir Untuk Meratakan

Agar semua bagian rambut mendapatkan conditioner yang cukup, Anda bisa menggunakan sisir. Sisir rambut secara perlahan sehingga menjadi lebih rapi agar semua bagian rambut terkena conditioner. Gunakan sisir yang renggang dengan tujuan untuk mengurai rambut yang kusut. Setelah itu baru menggunakan sisir yang bergigi lebih rapat untuk mengurainya lebih dalam. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak rambut.

Diamkan

Setelah melewati beberapa proses di atas, diamkan rambut sekitar 2-3 menit. Tujuannya agar nutrisi yang ada pada conditioner dapat diserap dengan maksimal oleh rambut. Conditioner untuk rambut kering memang terbukti efektif, Anda wajib untuk mencobanya.

Bilas Dengan Air Hangat

Langkah terakhir, bilas rambut menggunakan air hangat yang terjamin kebersihannya. Tujuan dari penggunaan air hangat ini yakni untuk mengurangi minyak pada rambut dan mempercepat pembilasan conditioner.

Tidak perlu bingung mau menggunakan conditioner merk apa. SehatQ telah melakukan review terhadap beberapa merk conditioner yang cocok untuk rambut kering. Anda bisa menggunakan produk seperti Pantene Conditioner Daily Moisture Renewal, Dove Nourishing Oil Care Conditioner, Tresemme Deep Cleanse & Protect atau yang lainnya. Gunakan produk tersebut secara rutin sesuai dengan tips di atas agar hasilnya maksimal.