Benarkah Senam Aerobik Bisa Mengecilkan Perut Secara Efektif?

  • 2 min read
  • Aug 25, 2021
Senam Aerobik Bisa Mengecilkan Perut

Pernahkah Anda melakukan kegiatan olahraga dengan gerakan tertentu untuk menghilangkan perut buncit atau membakar lemak yang ada di perut? Tidak sedikit wanita pada khususnya yang mengalami masalah penumpukan lemak di bagian perut sehingga mengganggu penampilan mereka sehari-hari. Itu sebabnya pencarian tentang bagaimana membakar lemak secara efektif banyak dicari khususnya di media online seperti YouTube atau media sosial lainnya.

Sebenarnya ada olahraga yang bisa membakar lemak perut asal dilakukan dengan disiplin dan berkomitmen tinggi. Termasuk juga mengubah gaya hidup yang sehat seperti mengurangi makan makanan junk food atau minuman manis seperti soda misalnya. Nah, ada dua olahraga yang pernah diklaim bisa membakar lemak perut yaitu sit up dan plank. Pada kenyataannya justru perut masih tetap buncit juga.

Hal ini dikarenakan tidak ada olahraga yang bisa mengurangi lemak di area tubuh tertentu. Perlu Anda ketahui bahwa olahraga hanya bisa mengurangi sekitar 5% lemak di tubuh secara keseluruhan namun harus melewati proses latihan setidaknya tuga kali dalam seminggu. Namun satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa tidak ada lemak yang hilang di bagian tertentu saja.  Misalnya Anda ingin menghilangkan lemak pada bagian perut atau kaki .

Lantas adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut?

Lemak tubuh sebenarnya bisa berkurang tergantung dari seberapa banyak jumlah kalori yang dibakar selama melakukan olahraga. Pembakaran kalori itu sendiri pun tergantung dari variasi intensitas serta durasi dari jenis olahraga yang dilakukan. Nah kesimpulan yang kita bisa ambil adalah membakar lemak di bagian perut itu bisa dilakukan jika Anda memilih olahraga yang tepat dan dilakukan secara konsisten. Untuk itu sangatlah disarankan agar memilih variasi dari jenis olahraga sesuai dengan kapasitas tubuh agar kalori yang terbakar bisa lebih maksimal.

Jenis Olahraga yang mampu bakar lemak

Senam Aerobik dan Zumba

Tidak sedikit yang bertanya apakah ada olahraga yang bisa membakar lemak atau mengecilkan perut. Senam aerobik dan  Zumba adalah olahraga yang memiliki energi cukup tinggi sehingga dipercaya sangat efektif untuk membakar kalori dalam jumlah banyak. Olahraga Zumba itu sendiri bisa membakar sekitar 570 kalori/  jam sementara senam aerobik bisa membakar 360 kalori/ jam. Selain bisa membakar lemak di dalam tubuh secara maksimal kedua olahraga ini juga memiliki banyak manfaat seperti misalnya menjaga kesehatan jantung,  tekanan darah, menurunkan kadar gula dan kolesterol jahat. Begitu juga mampu untuk meningkatkan energi dan mood.

Jogging

Atau biasa disebut dengan lari santai juga merupakan salah satu olahraga yang cukup efektif untuk bisa membakar lemak. Lakukanlah kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap tiga atau empat kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal. Menurut penelitian,  mereka yang memiliki berat badan sekitar 60 hingga 63 kilogram bisa membakar kalori hingga 396 per 30 menit. Jadi jika dihitung per jam maka jogging bisa membakar kalori sebanyak 792 kalori.

Berenang

Salah satu olahraga yang mampu membakar lemak tubuh secara bertahap dan tentunya efektif untuk mengecilkan perut. Berenang juga bermanfaat untuk memelihara kekuatan tulang dan otot serta menjaga kesehatan jantung dan kualitas tidur bisa ditingkatkan.  Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa berenang bisa membakar kalori sebanyak 500 hingga 700 kalori per jam.

Seperti yang dijelaskan di awal artikel bahwa untuk mengecilkan perut ada banyak faktor yang menjadi pendukungnya. Artinya tidak cukup hanya dengan melakukan olahraga seperti senam aerobik atau jogging saja tapi Anda harus juga mengimbanginya dengan melakukan rangkaian pola hidup sehat seperti menjaga pola makan bergizi yang seimbang kemudian mampu manajemen stres. Tidak lupa juga rajin minum air putih,  menghindari minuman alkohol serta merokok dan istirahat yang cukup. Mengapa? Karena hal ini bisa mempengaruhi hasil akhir untuk mendapatkan perut yang rata atau membakar lemak yang ada di perut.