Masih Ragu Melakukan Investasi Reksadana? Intip Beberapa Keuntungan Reksadana

  • 2 min read
  • Aug 30, 2021
Investasi Reksadana

Dulu investasi diperuntukan bagi kalangan tertentu dimana penghasilannya sudah cukup besar. Namun sekarang, siapa saja bisa melakukan investasi karena modal awalnya terjangkau. Hal ini dikarenakan keinginan generasi muda yang bebas finansial ketika memasuki usia yang tidak lagi produktif dan tidak menjadi beban bagi siapapun. Salah satu investasi yang dapat dilakukan banyak orang dan modal untuk memulai tidak besar adalah reksadana, namun kepemilikan reksadana di Indonesia jauh lebih kecil dibandingkan dengan negara tetangga. Di sini akan dijelaskan cara investasi reksadana beserta beberapa keuntungan kamu melakukan reksadana.

Mulai investasi reksadana sedini mungkin dan tabung keuntungannya untuk masa depan yang lebih baik. Dalam hal ini, reksadana termasuk jenis investasi dengan modal kecil sehingga berbagai kalangan bisa melakukannya mulai dari Rp 100 ribu saja.

  • Platform Online

Proses transaksi dan pengecekan data reksadana dapat dilakukan secara online melalui laptop atau smartphone sehingga memudahkan kamu untuk melakukannya dimana saja dan kapan saja.

  • Dikelola Manajer Investasi Profesional

Hal yang membuat kamu urung untuk melakukan investasi reksadana adalah keterbatasan pengetahuan dan waktu yang tidak sempat untuk melakukan analisis cara investasi reksadana yang tepat. Ketika kamu melakukan investasi reksadana, prosesnya akan diserahkan oleh Manajer Investasi. Pengelolaan reksadana dilakukan oleh Manajer Investasi yang profesional dan sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Manajer Investasi akan membuatkan laporan secara transparan, sehingga kamu mengetahui berapa besar keuntungan yang akan didapatkan. Mengenai pembayaran untuk Manajer Investasi akan dibagi rata oleh semua investor yang dananya dikelola, karena sifat investasi reksadana merupakan kumpulan dari banyak investor.

  • Diverifikasi Resiko

Reksadana menawarkan diverifikasi resiko karena dana investor tidak ditempatkan dalam satu instrumen saja, tetapi akan disebar ke beberapa instrumen lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah turunnya nilai investasi, sehingga apabila terjadi penurunan nilai tidak akan terjadi secara bersamaan. Karena reksadana adalah kumpulan dana dari berbagai investor dan dikelola oleh Manajer Investasi, diversifikasi risiko dapat dilakukan secara optimal.

  • Keuntungan Tinggi

Dalam setahun, reksadana dapat memberikan keuntungan rata-rata sampai 20%. Tingginya keuntungan tersebut memberikan kesempatan bagi investor untuk menggunakan reksadana sebagai instrumen investasi yang murah, mudah, dan flexible.

  • Penarikan Mudah

Tidak seperti deposito yang mengharuskan kamu melakukan penarikan setelah jatuh tempo, apabila kamu melakukan penarikan sebelum jatuh tempo kamu akan dikenakan penalti. Reksadana terdapat beberapa jenis dan jangka waktu yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ketika kamu memilih durasi jangka pendek pada reksadana, kamu dapat melakukan penarikan uang kapan saja dan tidak dikenakan pajak maupun penalti.

Memilih reksadana sebagai investasi, kamu bisa berinvestasi sekaligus menabung untuk mempersiapkan masa depan yang aman dan tepat. Kamu bisa mencoba memulai cara investasi reksadana dengan aman hanya di aplikasi digibank reksadana yang menyediakan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang mulai dari Rp 100 ribu. Produk investasi digibank reksadana ini semakin lengkap ditambah dengan produk terbarunya yaitu reksadana. Kamu bisa melakukan jual, beli dan switch dalam satu aplikasi dan pembelian dapat dilakukan berkala secara flexible. Untuk pilihan kategori reksadana berkinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik. Setelah kamu mahir mengenai reksadana, tingkatkan investasi dengan ragam lainnya seperti obligasi pasar perdana dan sekunder hingga rekening dan deposito valas hanya melalui satu aplikasi. Kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan pada digibank reksadana, karena prosesnya 100% digital di bank teraman Asia yaitu Bank DBS.