Inilah Pentingnya Kamu Mematuhi Rambu-rambu Lalu Lintas

  • 2 min read
  • Aug 22, 2021
rambu-rambu dalam bahasa inggris

Setiap kali berjalan mengendarai mobil atau motor pasti kita tidak pernah terlepas dari rambu-rambu lalu lintas. Rambu-rambu ini selalu ada di berbagai tempat baik itu di desa maupun kota. Penempatannya pun juga di tempat-tempat tertentu dan juga ada bentuk-bentuk atau tanda yang perlu diketahui.

Dari berbagai bentuk atau tanda itu memang antara satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Sehingga, kamu sebagai pengendara harus begitu paham akan rambu-rambu tersebut. Jika kamu salah dalam menafsirkan rambu-rambu ini maka akibatnya sangat fatal sekali. Untuk itu berikut ini pentingnya mengetahui rambu-rambu lalu lintas ini ketika sedang mengendarai mobil atau motor di jalanan.

Tiba Dengan Selamat

Salah satu pentingnya mematuhi rambu-rambu ini tidak lain agar kamu selamat sampai tujuan tanpa halangan apapun. Banyak sekali ditemui orang yang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas lalu terjadi kecelakaan di perjalanannya. Salah satu penyebab dari kecelakaan ini tidak lain karena kamu tidak patuh pada rambu-rambu lalu lintas.

Hal paling mudah misalnya, ketika ada di perempatan jalan, posisi kamu dari timur sedangkan lawannya dari arah utara. Pada posisi seperti ini ketika kamu mau ke utara rambu-rambunya adalah kamu menempatkan diri di posisi tengah, sedangkan lawannya harus di bagian sisi jalan. Itu adalah bagian dari rambu-rambu agar kamu selamat di jalan.

Aman Denda Tilang

Dalam hal rambu-rambu lalu lintas ini kamu tentu harus waspada karena jika tidak maka kamu bisa kena denda tilang. Untuk pelanggaran rambu-rambu sampai kena tilang ini biasanya terjadi ketika di lampu merah kota. Misalnya saja, ketika lampu akan menuju lampu merah kamu terburu-buru lalu hampir melebihi garis maka ketika ketemu polisi akan kena tilang.

Ketika kena tilang jelas sekali kamu akan dimintai untuk menyerahkan dokumen seperti STNK dan juga SIM. Dengan itu, STNK yang kamu miliki akan disita oleh polisi dan wajib membayar denda ke pihak-pihak terkait. Untuk dendanya pun bervariasi tetapi umumnya denda tersebut di atas 100 ribu rupiah.

Mencegah Kemacetan

Dalam hal berkendara di jalanan, terkadang banyak sekali ditemui para pengendara khususnya mobil yang kurang paham dengan rambu-rambu tersebut. sehingga, ketika berada di jalan kota dan kondisi jalanan padat maka kemacetan akan terjadi. Akibat kemacetan ini tentu perjalanan tertunda waktu dan juga mengganggu orang lain.

Umumnya, bentuk kemacetan ini terjadi ketika jalanan padat ada satu mobil yang menerobos sehingga tidak dapat masuk karena ada mobil di depannya. Akibatnya, mobil di belakang mobil yang menerobos terhalang sehingga terjadilah kemacetan. Jadi dengan kamu patuh dan tahu rambu-rambunya maka tidak akan terjadi kemacetan.

Itulah beberapa hal terkait dengan pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui bahwa ada di sejumlah kota tertentu rambu-rambunya menggunakan bahasa inggris. Sehingga, mau tidak mau kamu harus mengetahui terlebih dahulu akan apa arti dari rambu-rambu itu.

Kamu bisa melihat contoh rambu-rambu dalam bahasa inggris pada link tersebut. Dengan memahami rambu-rambu yang ada di dalamnya tentu akan lebih mudah ketika ada di perjalanan. Mengetahui rambu-rambu ini menjadi sarana kamu bisa selamat di jalanan dan juga bisa selamat sampai tujuan.

Tidak hanya itu, dengan rambu-rambu dalam bahasa inggris ini kamu juga akan banyak belajar kosakata. Sehingga, tanpa disadari hafalan kamu akan semakin bertambah juga menambah pengetahuan lain dalam bahasa inggris.