PROMO AS11K

Traveling

Friday, 11 October 2019 - 15:26 WIB

1 month yang lalu

logo

Gagal Liburan Dengan Kereta? Ikuti Cara Refund Pembatalan Tiket Berikut

Setelah sekian lama, akhirnya kamu mendapatkan waktu liburan bersama teman. Pastinya sangat menyenangkan kalau bisa liburan bersama. Terlebih agenda liburan kali ini adalah berpergian ke luar kota menggunakan kereta api. Pasti sangat menyenangkan. 

Memang benar, kalau berpergian menggunakan kereta api ke luar kota sungguh menyenangkan. Selain karena praktis, bebas macet, naik kereta saat ini sudah jauh lebih aman dan nyaman. Tidak seperti dulu yang bau, sesak dan banyak pedangan, terutama kelas ekonomi. Bahkan harganya yang tidak terlalu mahal dibandingkan tiket pesawat.

Namun rencana tinggallah rencana. Karena satu dan lain hal, salah satu teman kamu tidak jadi ikut sehingga membatalkan perjalanan. Padahal, e tiket kereta api sudah ada di tangan. Pasti menjadi mimpi buruk. Mau tidak mau refund harus dilakukan. Buat yang mendadak tidak jadi pergi, kamu bisa melakukan pembatalan tiket kereta api dengan beragam cara. Berikut ini beberapa cara mendapatkan refund tiket kereta api. 

Melalui aplikasi 

Untuk refund tiket kereta api melalui aplikasi dirasa yang paling mudah. Pasalnya, langkahnya seperti kamu membeli tiket kereta api. Cukup login dengan akun yang kamu gunakan saat membeli tiket kereta api. Kemudian pilih menu “pesanan saya”. Setelah itu, ada layanan refund tiket kereta api. Pilih saja menu refund tiket kereta api. 

Kamu akan menjumpai beragam cara yang disediakan oleh aplikasi. Jika proses refund sudah selesai, maka uang kamu akan dikembalikan. Langkah ini bisa kamu lakukan di berbagai aplikasi yang menyediakan pembelian tiket kereta api. 

Melalui loket

Selanjutnya kamu bisa mendatangi stasiun keberangkatan kamu untuk mengajukan refund atau pembatalan tiket kereta. Ada beberapa syarat yang harus disiapkan dalam melakukan pembelian, yakni booking ID, identitas diri dan fotocopy identitas tersebut.

Hal yang perlu diingat adalah pembatalan tiket kereta api harus dilakukan oleh pemilik tiket itu sendiri. Jadi kalau tidak bisa datang untuk melakukan pembatalan bisa meminta teman atau saudara untuk membantu mengurusnya. Tidak ketinggalan sertakan surat kuasa pembatalan tiket dan sudah ditandatangani di atas materai.

Setelah sampai di stasiun untuk refund, pergi dulu ke customer service. Pasalnya tidak semua loket langsung menerima layanan pembatalan tiket. Biasanya di customer service, kamu akan diberikan formulir pembatalan dan arahan pada loket khusus pembatalan tiket kereta api. 

Lengkapi formulir pembatalan, mulai dari data diri sebagai penumpang dan data tiketnya. Kalau masih bingung bisa bertanya langsung kepada bagian customer service. Setelah selesai langsung antri pada loket yang sudah ditentukan. 

Serahkan formulir dan berkas yang ada. Setelah itu, kamu akan diberikan pilihan cara refund, mau tunai atau transfer bank. Untuk transfer bank, maka kamu bisa mendapatkan uang kembalian setelah 30×24 jam dari pengurusan pembatalan tiket. Caranya membawa formulir yang sudah divalidasi dan membawa bukti identitas diri. Setelah semuanya selesai, maka uang kamu akan kembali.

Jangan sampai hilang formulir pembatalan tiket kereta api. Kalau hilang kamu harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Melalui merchant

Tiket kereta api sekarang tidak hanya bisa dibeli melalui aplikasi saja. Beberapa merchant juga bisa kamu manfaatkan untuk membeli tiket kereta, seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi dan lain sebagainya. Untuk refund atau pembatalan tiket kereta api bisa langsung melalui merchant di mana kamu beli tiket kereta api.

Beri tahu kasir kalau kamu ingin melakukan pembatalan tiket kereta api. Jangan lupa serahkan struk pembelian tiket kereta api sebelumnya untuk dibatalkan atau diubah. Kasir akan memproses semuanya dan kamu tinggal menunggu. Setelah selesai, maka kamu bisa mendapatkan uang kamu kembali. 

Itulah beberapa langkah refund atau pembatalan tiket kereta api. Saat mengajukan pembatalan tiket kereta atau refund, pasti kamu tidak akan mendapatkan uang kembali secara full 100%. Nilai pengembalian ditentukan berdasarkan waktu pengajuan refund. Kebanyakan pengembalian uang hanya sebesar 75% dari harga tiket kereta kamu.

Pembatalan tiket kereta yang kamu lakukan menjadi peluang atau kesempatan bagi orang lain untuk membeli tiket tersebut. Terlebih, banyak sekali peminat mode transportasi merakyat yang satu ini. 

Artikel ini telah dibaca 42 kali

PROMO AS11K
Baca Lainnya