Keren Abis, Metode Penyambungan Pipa HDPE ini!

  • 2 min read
  • Jul 30, 2020
Pipa HDPE, sambungan pipa

Menggunakan pipa HDPE sebagai saluran air memang memberikan banyak manfaat karena pipa satu ini bisa digunakan untuk mengalirkan air bertekanan. Pipa satu ini juga memiliki berbagi kelebihan seperti awet dan tahan lama, bisa dipasang di kontur apapun, tidak mengalami korosi, dan tidak mudah rusak ketika digunakan. Selain itu, proses penyambungan pipanya pun terbilang cukup mudah, di mana bisa disambung menggunakan sambungan pipa atau fitting maupun dengan bantuan mesin penyambung.

Nah, terdapat beberapa metode penyambungan pipa yang bisa diterapkan ketika menyambungkan pipa HDPE ini di rumah. Metode mana sajakah itu? Langsung disimak, yuk! (source: pipaplastik)

  1. Compression Joint. Salah satu metode tersebut adalah compression joint. Metode penyambungan pipa satu ini tidak membutuhkan mesin penyambung maupun bahan perekat saat menyambungkan pipa namun sambungan pipa tipe mechanical joint. Cara penyambungan pipa dengan metode ini adalah sebagai berikut:
  • Lepaskan semua aksesoris yang terdapat pada mechanical joint. Yang mana, pada sambungan satu ini terdapat aksesoris lainnya seperti rubber ring, union, dan sebagainya.
  • Kemudian, bersihkan bagian ujung yang akan disambungkan dengan pipa lainnya. Pastikan membersihkannya sampai bersih dan tidak ada debu maupun kotoran yang tertinggal.
  • Setelah itu, pasang bagian rubber ring dan union yang berfungsi untuk merekatkan pipa sekaligus mencegah pipa mengalami kebocoran.
  • Terakhir, kencangkan pemasangan aksesoris penyambung pipa tersebut agar tidak mudah longgar dan sebagainya.
  1. Butt Fusion. Selain compression joint, terdapat pula metode penyambungan pipa HDPE dengan nama Butt Fusion. Metode penyambungan pipa satu ini menggunakan mesin penyambung agar bisa tersambung dengan baik. Prinsip kerja dari metode ini adalah memanaskan ujung pipa yang satu dengan yang lainnya kemudian saling ditautkan menggunakan welding machine. Bagaimanakah caranya?
  • Pasang ujung pipa menggunakan alat butt fusion, kemudian kencangkan alat penjepitnya agar pipa tidak bergeser pada saat disambungkan.
  • Ratakan bagian ujung pipa sebelum menyambungkannya agar nantinya ketika disambung pipa bisa tersambung dengan sempurna.
  • Setelah itu, pasang plat pemanas di kedua ujung pipa dan panaskan sampai pipa bisa tersambung. Jika kedua ujung pipa sudah panas, langsung tautkan pada kedua ujung pipa tersebut.
  1. Electro Fusion. Electro fusion merupakan metode penyambungan pipa yang menggunakan sistem pelelehan. Metode ini disambung dengan mesin penyambung dan alat penyambung khusus atau lebih dikenal dengan electro fitting. Lalu, bagaimana cara memasangnya?
  • Bersihkan terlebih dahulu bagian ujung pipa sampai benar-benar bersih.
  • Sambungkan electro fitting pada ujung pipa.
  • Selanjutnya, hubungkan elektroda yang terdapat pada electro fusion ke bagian electro fitting lalu nyalakan. Sambungkan sampai pipa tersambung dengan sempurna.

Demikian beberapa metode penyambungan pipa HDPE yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba, ya!