Membantu Mereka yang Kecanduan Narkoba

  • 2 min read
  • Sep 13, 2021
rehabilitasi narkoba

Penyalahgunaan narkotika benar-benar merugikan sebab dapat berdampak pada otak serta organ tubuh yang lain. Dalam upaya untuk melepaskan diri dari narkoba juga bukanlah langkah yang sederhana. Demi memfasilitasi para pecandu dalam melepaskan diri dari perangkap narkoba, dapat dengan mengunjungi lembaga rehabilitasi narkoba atau institusi penerima wajib lapor (IPWL) yang banyak berdiri di Indonesia.

Metode rehabilitasi narkoba mencakup : pemberian obat-obatan tertentu dan konseling. Pemberian obat-obatan tertentu diharapkan dapat melemahkan keinginan menggunakan narkoba dan turunannya. Obat-obatan tersebut tanpa beredar bebas dan cuma dapat diperoleh dari lembaga rehabilitasi. Konsumsi obat-obatan tersebut harus mendapat pengawasan dari dokter. Sementara konseling akan memfasilitasi pecandu narkoba dalam mengikuti tahap penyembuhan dan juga menghindarkan penyalahgunaan narkoba terjadi lagi.

Biaya rehabilitasi narkoba tergantung dari program apa yang di pilih oleh korban penyalahgunaan, Ashefa griya pusaka merupakan tempat rehab dengan kualitas premium di Jakarta Selatan.

Dikenal 3 tahapan rehabilitasi narkoba sebagaimana standar yang digunakan Badan Narkotikan Nasional (BNN). Tahapan rehabilitasi itu meliputi : detoksifikasi (memutus penggunaan narkotika sekaligus menghindarkan dari sakau), rehabilitasi non medis, serta rehabilitasi bina lanjut (menjalankan aktifitas berdasarkan passion dan bakat). Sesudah menempuh ketiga tahapan itu maka bekas pecandu narkoba dapat kembali ke masyarakat untuk mengawali hidup baru yang lebih baik.

Apabila Anda tahu sahabat dekat sedang berjuang untuk keluar dari perangkap narkoba, hendaknya jangan dijauhi. Berbagai cara berikut dapat digunakan untuk ikut menolong para pengguna narkoba :

  • Tidak usah mengambil alih semua tanggung jawab : Anda boleh jadi marah campur sedih ketika menjumpai orang terdekat mengalami kecanduan narkoba. Lebih-lebih bila ia sudah tidak dapat menyelesaikan tugasnya setiap hari semisal sekolah, bekerja, atau posisinya sebagai orang tua. Umpamanya Anda hendak menolong, seperti memberi uang, mengasuh anaknya, atau tugas harian lain maka usahakan tidak mengambil-alih semua tanggung jawab dia. Langkah tersebut dimaksudkan supaya ia bisa menyadari akibat dari perbuatan yang telah dilakukan. Dengan begitu ia akan berupaya menjalankan tahapan rehabilitasi agar sembuh. Itu juga akan membuat ia berpikir ulang agar tak terperosok untuk kedua kalinya dalam lubang narkotika.
  • Berempati : umumnya orang berusaha menjauh saat ada orang di sekelilingnya menjadi pecandu narkoba. Anda bisa membayangkan jika ia adalah Anda. Tak mendapat support dari lingkungan akan membuat pengguna narkoba menjadi kesepian, terisolir sehingga ia pun tergoda untuk berpaling ke narkoba sebagai bentuk pelarian. Kendati Anda kecewa atas pilihan hidupnya, namun Anda harus menunjukkan jika Anda masih peduli dengannya, bersedia mendengar keluhannya untuk juga membantu semampunya.
  • Ajaklah berperilaku sehat : saat orang menjadi pecandu narkoba maka boleh jadi dia malah menderita penurunan kesehatan baik fisik maupun mental. Gangguan kesehatan psikologis semisal depresi dan gangguan kecemasan kerap diderita para pengguna narkoba yang memperburuk efek ketergantungannya. Anda dapat mencarikan terapi medis yang akan menangani gangguan kesehatan yang dideritanya. Kecuali itu, Anda pun dapat mengajak memulai gaya hidup sehat misalnya menjalankan pola makan sehat serta olahraga rutin.
  • Selalu berpikiran positif : kecanduan narkoba bisa merusak komunikasi dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, dan masyarakat di sekelilingnya. Kecanduan narkoba pun merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang bisa terjadi seumur hidup atau bisa berulang kembali. Kendati keinginan untuk sembuh sepenuhnya dari kecanduan narkoba telah hampir hilang, namun sebenarnya kecanduan narkoba itu bisa diobati dan tak ada yang namanya terlambat. Anda harus memberikan semangat kepadanya agar mau terus berobat dan mendapatkan rehabilitasi medis yang akan menghilangkan ketergantungannya itu. Andai ada waktu, Anda pun dapat mengajaknya menemukan hobi baru yang baik sehingga ia tak terperosok lagi dalam narkoba. Ajak teman-teman lain yang positif serta jauhkan dari berinteraksi dengan pemakai narkoba.