Tips Menjadi Orang Sabar

  • 2 min read
  • Sep 12, 2021
Orang Sabar

Ikhlas dan sabar merupakan dua kata yang mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk diterapkan di kehidupan nyata. Saat masalah dan cobaan datang silih berganti, ada kalanya hati seakan tidak sanggup untuk menahannya. Tidak jarang anda akan larut dalam emosi, sering menyudutkan orang lain dan marah-marah. Bahkan, ada pula yang sampai menyalahkan takdir.

Maka dari itu, wajib bagi anda dan kita semua untuk mengetahui sekaligus mempraktikkan tips menjadi orang sabar dalam segala hal. Dengan demikian, anda nantinya bisa menjadi insan yang lebih baik. Lantas bagaimana caranya? Mari simak penjelasannya berikut!

Tips Menjadi Orang Sabar

  • Menguatkan dari dalam hati

Segala hal dapat berjalan dengan baik jika diniatkan dari hati dengan sungguh-sungguh. Ini juga berlaku bagi anda yang ingin menjadi pribadi yang sabar, dibutuhkan niat yang kuat dari dalam hati anda. Tidak boleh hanya setengah-setengah, terlebih karena ikut-ikutan.

Anda harus yakin pada diri anda sendiri bahwa anda pasti bisa menjadi orang yang sabar. Semua ini anda lakukan semata-mata hanya karena Allah SWT. Apabila anda sudah memiliki niat yang murni dan kuat, maka inshaAllah segalanya dapat berjalan dengan mudah.

  • Berteman dengan orang yang baik

Hal ini tidak berarti anda harus membeda-bedakan teman. Akan tetapi, apabila anda memang ingin memiliki akhlak yang baik maka ada baiknya anda berteman dengan lingkungan yang baik juga. Hal ini karena pasti anda akan merasakan kesulitan untuk menjadi orang yang sabar jika terus berteman dengan sosok yang suka marah-marah.

  • Relaksasi pikiran dan mencoba mengelola stress

Sikap yang gampang marah-marah dan tidak sabaran umumnya bisa terjadi karean pikiran yang sedang stress. Saat anda sedang disibukkan dengan pekerjaan yang menumpuk, rutinitas yang berulang-ulang dan masalah ini-itu, mungkin ini akan menjadikan pikiran anda terasa lelah dan penat. Terlebih jika kualitas tidur anda tidak baik.

Untuk menghindari hal ini, maka anda bisa mencoba merileksasikan pikiran. Sesibuk apapun anda, pastikan anda meluangkan waktu untuk piknik, olahraga dan  juga memiliki kualitas istirahat yang cukup. Jika pikiran anda fresh, maka juga akan menjadi lebih tenang. Ini tentu menjadi salah satu tips menjadi orang sabar.

  • Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan

Tips menjadi orang sabar berikutnya yaitu dengan mendekatkan diri pada Allah SWT. Misalnya dengan cara memperbaiki ibadah, rajin membaca al-Qur’an buku-buka tentang keagamaan.

Sikap sabar sering dibahas di dalam ilmu keagamaan. Bahkan Allah SWT berjanji akan memberikan kenikmatan dan pahala bagi mereka yang mampu bersabar dalam menjalani setiap keadaan.

  • Mencoba memaafkan

Akan sulit bagi anda agar bisa menjadi sosok yang sabar jika enggan belajar memaafkan kesalahan orang-orang maupun mereka yang sudah menyakiti anda. Baik itu keluarga, teman maupun rekan kerja.

Memang untuk memaafkan orang yang bersalah pada kita bukanlah perkara yang mudah, namun dengan memberikan maaf maka hati anda akan menjadi lebih damai dan tenang. Pastinya ini akan lebih baik dibandingkan dengan anda yang harus menjadi seorang pendendam.

Itulah beberapa tips menjadi orang sabar yang dapat anda terapkan dengan cara bertahap mulai dari sekarang. Walau bagaimanapun juga beberapa tips diatas tidak akan berhasil apabila anda tidak mempunyai niatan dan tekad yang kuat. Jadi, pastikan anda mengawalinya dengan niat serta keyakinan bahwa Allah SWT bersama orang-orang yang mau bersabar.

Sumber: https://islamiques.net/