Perbedaan Web Hosting dan WordPress Hosting

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Web Hosting

Apakah kamu berminat untuk membuat website? Memiliki situs saat ini sudah menjadi hal biasa. Situsmu perlu web hosting terpercaya untuk menyimpan semua data mengenai situsmu. Terdapat berbagai pilihan hosting yang dapat kamu pilih. Ada web hosting murah, mahal, lokal maupun internasional.

Perbedaan Web Hosting dan WordPress Hosting

Diantara banyaknya pilihan, terdapat wordpress hosting yang memiliki layanan web hosting gratis maupun berbayar. Layanan hosting ini memiliki perbedaan dengan web hosting standar yang ada. Berikut adalah pembahasan mengenai perbedaan dari kedua layanan hosting tersebut.

  1. Server

Perbedaan mendasar dari web hosting dengan WordPress adalah konfigurasi server. Layanan WordPress hosting memberikan opsi dengan bentuk platform. Sedangkan server web hosting akan memakai PHP atau konfigurasi lainnya yang tidak mudah dipahami oleh orang awam yang tidak menggeluti bidang koding. Web hosting terbaik adalah yang memiliki server dengan kapasitas memadai dan kecepatan loading yang cepat. Tentu tidak ada jaminan WordPress hosting lebih cepat dibandingkan hosting lainnya, karena ada banyak komponen yang mempengaruhinya.

  1. Resource limit

WordPress hosting memberikan pilihan resource dengan berbagai limit. Ada wordpress hosting yang gratis dan ada juga yang berbayar. Perhatikan tiap fitur dari paket yang ditawarkan untuk menghindari perubahan atau tambahan di masa depan karena estimasi Anda kurang tepat.

Memakai web hosting berarti memiliki resource limit yang tidak kalah besarnya. Berbagai fitur dapat disesuaikan dan perubahan dalam limit dapat diatur lebih mudah dibandingkan WordPress hosting. Bahkan website hosting standar dapat dipasang menjadi wordpress hosting dengan melakukan beberapa penyesuaian.

  1. Control Panel

WordPress hosting memiliki konfigurasi Control Panel yang sudah terformat. Pilihan setup tools juga sudah tersedia dan mudah dipakai. Berbeda dengan web hosting yang keseluruhan control panel harus dibangun sendiri sesuai dengan keinginan. Hal ini tentu memberikan lebih banyak kebebasan dalam hosting namun tidak seperti WordPress hosting yang formatnya sudah tersedia sejak awal pembelian.

  1. Otomatis

Pondasi layanan website hosting terdiri dari berbagai hal seperti auto update, auto backup, dan lain sebagainya. Memakai hosting WordPress akan mengikuti fasilitas tersebut sesuai dengan kebijakan WordPress jadi terdapat fitur-fitur yang akan terupdate secara otomatis.

Hosting lainnya memerlukan update secara manual yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang memiliki website. Jadi Anda dapat memilih waktu untuk melakukan update dan perlu teliti dalam melakukan maintenance karena tidak ada platform yang akan melakukannya.

  1. Sistem keamanan

Ini adalah fitur terpenting dalam memilih website hosting. Anda tentu tidak ingin situs hilang, tidak dapat diakses atau bahkan dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hosting yang didukung dengan SSL Certificate dan standarisasi keamanan lainnya adalah tambahan untuk memastikan situs Anda aman.

Perhatikan apakah paket WordPress hosting yang Anda pilih memiliki plug-in ini. Umumnya ada bayaran tambahan bila ingin memberikan proteksi keamanan pada WordPress Hosting. Memiliki sistem keamanan yang sudah terkonfigurasi dengan sebuah platform akan lebih aman dibandingkan hosting lainnya yang tidak terintegrasi.

Memilih hosting untuk website dapat memilih antara web hosting dan WordPress hosting. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. Apakah Anda mencari web hosting murah, gratis, memiliki space banyak, kestabilan yang optimal dan pertimbangan lainnya. Pelajari berbagai jenis hosting agar Anda puas dengan hosting website yang akhirnya Anda pilih.