Remittance: Pengertian, Jenis, dan Caranya

  • 4 min read
  • Oct 06, 2021
Remittance

Apakah kamu sering mendengar istilah remittance, tetapi tidak tahu artinya apa? Remittance adalah sebuah fitur transfer yang memudahkan nasabah untuk mengirim uang dalam bentuk valas ke luar negeri. Tidak hanya digunakan untuk mengirimkan uang, remittance digunakan sebagai sumber paling utama perdagangan valas di negara berkembang sehingga bisa menjadi devisa negara. Valas memiliki fungsi yang penting baik itu untuk bisnis dan pendidikan. Dalam dunia bisnis, remittance digunakan untuk bisnis skala internasional seperti ekspor dan impor. Sedangkan dalam dunia pendidikan, remittance berfungsi untuk melakukan biaya administrasi pendidikan di luar negeri, baik itu sekolah maupun kuliah di beberapa tempat luar negeri.

Namun remittance tidak dapat dilakukan layaknya melakukan transfer antar bank dalam negeri. Hal ini dikarenakan sistem perbankan Indonesia yang menerapkan sistem yang berbeda untuk layanan tersebut. Kebanyakan bank di luar negeri menggunakan International Bank Account Number (IBAN), sementara di Indonesia menggunakan sistem Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), sehingga akan terjadi penyesuaian dalam proses transfer. Metode SWIFT merupakan sistem yang digunakan pada transfer valas, walaupun jarang tetapi masih ada beberapa negara yang masih menerapkan sistem SWIFT. Mengirim uang dengan sistem SWIFT akan memudahkan dibandingkan dengan sistem lainnya. Nasabah yang akan mengirimkan uang cukup menyediakan nama dan kode bank yang akan digunakan beserta nama dan kode bank yang akan dituju. Nasabah dapat menyebutkan nominal yang akan ditransfer. Ketika transfer valas dilakukan, bank akan memilih beberapa kode preset. Kode ini digunakan untuk memberikan pesan kepada bank penerima mengenai nominal yang akan ditransfer. Setiap nomor SWIFT dapat digunakan diseluruh dunia, karena SWIFT memiliki Badan Usaha Identifier (BEI) yang dapat mengenali semua kode SWIFT di seluruh dunia.

Apabila terjadi gagal transfer ke luar negeri, kamu tidak perlu khawatir karena Bank akan mengembalikan dana yang sudah diproses ke rekening kamu dengan kurs yang berlaku saat pengembalian dilakukan. Ketidaklengkapan atau kesalahan detail data penerima dan tidak terpenuhinya informasi tambahan yang diperlukan dari pengirim dapat menjadi penyebab gagalnya transfer.

Layaknya transaksi keuangan pada umumnya, remittance memiliki dua pihak yang adalah pengirim dan penerima. Proses itu bisa terjadi secara dua arah, yaitu dari dalam ke luar maupun dari luar ke dalam negeri. Oleh karena itu, layanan remittance dibedakan menjadi dua jenis, seperti berikut:

  • Outgoing / Outward Remittance

Merupakan layanan transfer atau pengiriman uang dari dalam ke luar negeri. Pengiriman uang dilakukan dalam mata uang Rupiah dan diterima dalam bentuk valas. Biasanya transaksi jenis ini digunakan oleh para orang tua yang anaknya sekolah dan tinggal di luar negeri. Tidak hanya menguntungkan nasabah, outgoing / outward remittance sebenarnya memberi keuntungan kepada pihak bank. Mengapa? Karena pengirim akan dikenai biaya setiap kali memanfaatkan layanan ini.  

  • Incoming Remittance

Kebalikan dari outgoing / outward, incoming remittance merupakan layanan transfer dari luar negeri dan orang yang berada di dalam negeri adalah penerima. Transaksi ini biasa dilakukan dari valas ke Rupiah. Biasanya layanan ini dimanfaatkan oleh para TKI yang ingin mengirim uang kepada keluarganya. Ada beberapa pihak yang diuntungkan dalam transaksi ini mulai dari penerima hingga negara. Incoming remittance adalah salah satu sumber pemasukan bagi negara. Semakin tinggi incoming remittance yang masuk, maka akan semakin sehat perekonomian negara tersebut. Layanan ini menjadi salah satu pemasukan terbesar bagi sebuah negara, terutama negara berkembang seperti Indonesia.

Bertransaksi valas bisa praktis dan mudah dengan digital banking yang memberikan layanan perbankan 100% melalui media digital. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan digital banking dengan aplikasi digibank by DBS yang akan menguntungkan kamu dimana nilai mata uang (kurs) lebih kompetitif dibandingkan kurs yang tertera di cabang Bank DBS Indonesia. digibank by DBS dapat diakses 24/7 sehingga kamu dapat melakukan transfer kapan saja dan dimana saja tanpa perlu repot-repot datang ke kantor Bank cabang. Nasabah akan dimudahkan dalam hal pengiriman uang ke luar negeri dengan teknologi yang semakin maju. Hanya pada digibank by DBS yang bisa memberikan kamu gratis transfer ke lebih dari 20 negara tujuan yang menggunakan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP. Kamu tetap dapat mengirimkan uang di luar 20 negara tujuan, tetapi akan dikenakan biaya dan proses yang normal.

FX Rate yang ditawarkan digital banking digibank by DBS terkini dan juara. Nilai tukar yang ditawarkan tentunya sangat kompetitif sehingga transfer valas menjadi ringan. Layanan transfer same day juga berlaku apabila kamu akan mengirimkan uang melalui digibank by DBS selama dana yang dikirim sebelum batas waktu mata uang. Setiap mata uang memiliki batas waktu yang berbeda-beda, sehingga kamu harus memastikan waktunya agar tidak terlewatkan. Negara-negara yang dapat menggunakan layanan bebas biaya dan same day adalah Amerika Serikat (USD), Singapura (SGD), Australia (AUD), negara Eurozone (EUR), Kanada (CAD), Hongkong (HKD) dan Inggris (GBP).

Limit remittance minimum sebesar Rp 100.000,00 / ekuivalen. Maksimum transaksi yang dapat dilakukan yaitu USD 25.000 / ekuivalen per transaksi. Maksimum akumulasi per bulan yaitu USD 25.000 / ekuivalen per nasabah. Transaksi ini sudah mencakup seluruh channel yang dimiliki oleh bank seperti datang ke cabang, digibank by DBS dan lain-lain. Jika transaksi remittance sudah melebihi USD 25.000 / ekuivalen, kamu dapat mengunjungi cabang Bank DBS dengan menyertakan dokumen pendukung untuk mengirimkan uang. Lalu bagaimana cara melakukan remittance pada digibank by DBS, berikut ini adalah beberapa langkahnya

  • Pilih menu “transfer” dan klik “transfer valas”.
  • Klik “Tambah Penerima” lalu ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Pilih negara yang dituju.
  • Pilih mata uang.
  • Pilih bank dan masukan detail penerima.
  • Masukan jumlah yang akan dikirim, lalu klik “lanjut” dan selesaikan transaksi kamu.

Pengiriman uang ke luar negeri semakin mudah dan hemat menggunakan digital banking, digibank by DBS. Tidak hanya untuk bertransaksi, digibank by DBS juga bisa digunakan untuk berinvestasi, dengan segala kelengkapan fitur dan produk membuat digibank by DBS ala rumah makan padang, semua serba ada! Kamu juga bisa cek Instagram di @digibankid untuk info selengkapnya. Jadi tunggu apalagi, gunakan digibank by DBS untuk kemudahan transaksi.