Manfaat Senam Hamil untuk Ibu dan Janin

  • 2 min read
  • May 20, 2021
Manfaat Senam Hamil

Untuk calon ibu, pada masa trimester ketiga menjadi salah masa mendebarkan karena waktu persalinan akan semakin dekat. Kemudian ada keluhan yang dirasakan oleh ibu juga akan semakin banyak saat usia kandungan sudah mulai memasuki 25 minggu ke atas. Ibu pun akan merasa lebih cepat lelah karena beban janin yang semakin besar.

Hal tersebut juga bisa ibu atasi dengan rutin melakukan olahraga senam hamil yang ringan. Dengan olahraga ini menjadi salah satu kegiatan yang dianjurkan ketika usia kandungan ibu memasuki trimester ketiga.

Akan tetapi, ibu juga sebaiknya tidak sembarangan untuk melakukan olahraga senam hamil. Tapi ibu bisa melakukan beberapa gerakan ringan yang juga dipadukan dalam senam hamil. Berikut ini ialah beberapa manfaat senam hamil yang ibu bisa dapatkan.

  1. Menjadi Lebih Bertenaga

Pastinya ketika membawa kandungan yang telah membesar sangat mungkin menguras tenaga ibu.  Maka dari itu, wajar sekali jika rasa lemas ibu rasakan selama kehamilan khususnya di trimester ketiga ini. Akan tetapi, dengan melakukan berbagai gerakan senam hamil, akan ada energi ibu yang bisa diisi ulang, lho. Tenang saja senam hamil ini tidak akan membuat tambah lelah, tapi justru dengan senam hamil yang teratur, ibu akan lebih bertenaga dalam mempersiapkan persalinan. Oleh sebab itu hal ini akan menjadi kegunaan senam hamil yang baik.

  1. Mengurangi Risiko Episiotomi

Apakah istilah ini terdengar asing di telinga kamu yaitu istilah episiotomi? Simpelnya, episiotomi adalah jenis tindakan penyayatan antara jalan lahir bayi serta anus ibu. Tindakan ini diambil agar untuk mengurangi robekan vagina yang terlalu besar. Pada episiotomi juga dilakukan jika otot panggul tidak lentur sehingga nanti jalan lahir bayi tidak terbuka dengan baik. Ada juga beberapa manfaat gerakan senam hamil ini bisa menjadi latihan kegel yang dapat memperkuat dan melenturkan otot panggul. Sehingga, risiko Bunda harus menjalani episiotomi dapat diminimalkan.

  1. Membuat Lebih Rileks

Mungkin ibu yang sudah memasuki usia kandungan trimester ketiga ada rasa khawatir yang sulit ibu hindari ketika makin dekat dengan masa persalinan. Karena rasa khawatir dan juga panik berlebih ini bisa mengganggu persalinan kelak, lho. Maka dari itu dengan mengikuti senam hamil ibarat dapat menjadi obat menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan ini. Gerakan-gerakan senam hamil yang santai akan membuat ibu merasa lebih rileks. Ditambah lagi dalam manfaat senam hamil, ada banyak gerakan semacam meditasi ataupun yoga yang bisa mengurangi tingkat stres ibu,

  1. Tidur Lebih Baik dan Berkualitas

Mungkin hal ini tidak disadari oleh ibu, yang kadang rasa khawatir menghadapi persalinan membuat ibu sulit tidur saat memasuki trimester 3. Hal ini juga bisa membuat kesehatan Bunda menjadi terganggu. Banyak juga ibu mengatakan, saat senam hamil akan membuat mereka lebih mudah tidur setelah berolahraga. Dan ketika bangun pun, badan mereka terasa lebih segar.

  1. Bertemu Sesama Calon Ibu

Umumnya senam hamil dilakukan di kelas secara berkelompok, meskipun ibu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Akan tetapi, manfaat senam hamil secara berkelompok ini ternyata akan berdampak sangat positif. Karena ibu akan mendapat energi tambahan karena bisa bertemu dengan sesama calon ibu dan juga bisa saling berbagi. Sehingga ibu juga mendapatkan saran tepat dari teman-teman yang sering melakukan senam hamil bersama ibu. Sesama ibu hamil mungkin bisa saling menguatkan sehingga ibu akan mendapatkan lebih banyak energi positif.