Traveling

Tuesday, 14 January 2020 - 18:26 WIB

3 months yang lalu

logo

Tips Perjalan Jauh Menggunakan Transportasi Kereta Api

Kereta api menjadi salah satu pilihan transportasi bagi kalian yang berpergian jauh.  Waktu tempuh yang cepat,  harganya lebih murah dan pelayanannya yang diberikan sangatlah baik menjadi poin kelebihan salah satu transportasi ini.  Bagi kalian yang berniat berpergian jauh menggunakan kereta api berikut ini adalah tips-tipsnya. 

  1. Coba cek harga dan jadwal tiket KAI

Sebelum anda membeli tiket kai yang harus anda lakukan adalah mencek harga dan jadwal kereta api dengan tujuan kota yang anda tuju. Jika dulu nda memang harus mengantri panjang di loket pembayaran, zaman sekarang tak perlu capek capek mengantri.  Tinggal buka internet lalu cari harga dan jadwal tiket KAI. Langsung deh bisa anda pesan. Mudah banget kan?. 

Nih ya contohnya misalkan anda ingin menghabiskan waktu liburan imlek yang jatuh pada tanggal 25 Januari ke Sam Poo kong. Anda berangkat dari jakarta. Maka anda bisa cari salah satu aplikasi yang menyediakan pemesanan tiket KAI.  Setelah itu tulis asal kota anda disini dimisalkan anda dari Jakarta – Pasar Senen yah.  Kemudian masukkan kota tujuan, di sini kita masukan Semarang. Selanjutnya pilih tanggal berangkat. Misalkan tanggal 24 Januari 2020. Oh iya anda juga bisa sekalian beli tiket pulang perginya loh jadi tak usah beli tiket dua kali.  Lalu tulis berapa jumlah tiket yang akan anda beli. Selesai tinggal klik cari. Silakan coba cek harga dan jadwal tiket kai nya yah. 

  1. Bawalah barang bawaan yang anda perlukan secukupnya

Tiket sudah dibeli.  Selanjutnya apa yah?.  Oh iya prepare barang yang akan dibawa. Pastikan barang yang anda bawa benar-benar anda butuhkan.  Gak mungkin kan anda mau jalan jalan sana eh bawa setrikaan kan jadi menuh-menuhin tas.  Jadi silakan anda list barang yang wajib anda bawa. Pastikan jangan tertinggal ataupun hilang yah. Juga pastikan barang bawaan anda ini cocok dan pas dengan kapasitas barang yang bisa dibawa.  Jangan sampai menyusahkan diri sendiri nanti.  

Tambahan ada peraturan dilarang membawa makanan atau barang yang berbau tajam. Contohnyaa durian, jengkol, pete pokoknya hal hal yang baunya sangat menyengat.  Kenapa? Soalnya akan mengganggu penumpang kereta yang lain. 

  1. Bawa makanan dan minuman

Tips yang ketiga ini cocok bagi anda yang memang mau berhemat sepanjang perjalanan.  Tapi bagi anda yang tidak mempermasalahkan pengeluaran anda tak perlu bawa makanan ataupun minuman.  Karena di kereta api sudah disediakan kantin.  Bagaimana kalau anda malas jalan ke kantinnya? Gampang, tak usah ambil pusing. Pramugara dan pramugari sering berlalu lalang menawarkan makanan dan minuman. 

  1. Simpanlah barang anda di tempat yang telah disediakan

Bagi anda yang membawa tas, ransel maupun barang bawaan anda tak usah khawatir dan bingung harus menyimpan barang tersebut dimana. Karena di kereta api sudah disediakan tempat penyimpanannya.  Oh ya pastikan barang bawaan anda jangan terlalu banyak yah. Bukankah menyebalkan kalau tempat barang anda harus diisi oleh barang penumpang lainnya yang over bawanya.  Padahalkan kita sama sama butuh. Jadi anda sebagai penumpang yang cerdas bawa barang secukupnya yah. 

  1. Anda bisa menyewa bantal dan selimut yang telah disediakan

Perjalanan jauh biasanya anda gunakan untuk tidurkan? Apalagi perjalanannya memakan waktu hingga lebih dari lima jam. Wah pasti enak ya digunakan untuk tidur itu.  Tapi masalahnya jika tidur tanpa bantal pasti badan dan leher akan terasa sakit.  Eittsss tapi kereta api memberikan solusi dimana mereka memberikan pelayanan berupa penyewaan bantal dan selimut. Cukup murah harganya.  Sekali membayar anda bisa menggunakan bantal dan selimutnya sampai anda tiba di kota tujuan. Jadi bye bye sakit leher,  dan welcome tidur nyenyak selama perjalanan. 

Bagaimana?  Sudah siap untuk pergi perjalanan jauh dengan menggunakan jasa transportasi kereta api ini.  Dimulai dengan mencek harga dan jadwal lalu jangan lupa memperhatikan aturan serta tata tertib yang berlaku di kereta api.  Semoga tips ini membantu anda yah dan bermanfaat bagi anda yang berbuat berpergian dengan kereta api. Selamat mencoba dan tetap berhati-hati yah.

Artikel ini telah dibaca 124 kali

Baca Lainnya