Penyebab dari Bayi Lahir Prematur

  • 2 min read
  • May 26, 2021
Penyebab dari Bayi Lahir Prematur

Lahirnya bayi prematur merupakan masih menjadi penyebab utama dalam gangguan sistem saraf bahkan kematian pada bayi di seluruh dunia saat ini. lahirnya bayi prematur sekarang sebagai risiko yang semakin meningkat karena banyak kondisi yang ada. Akan tetapi,  risiko ini juga bisa diatasi dengan berbagai persiapan serta perawatan kehamilan terbaik.

Sebab dari Bayi Lahir Prematur

Proses persalinan dianggap prematur jika seorang ibu melahirkan bayi pada usia kehamilan di minggu ke 73 ataupun kurang. Hal tersebut juga disebabkan oleh beberapa kondisi yang dapat menjadikan bayi lahir prematur, diantaranya:

  1. Ibu hamil mengalami Infeksi

Penyebab bayi lahir prematur yang pertama dan sering terjadi ialah infeksi di bagian kelamin serta saluran kemih pada ibu hamil. Akan tetapi, infeksi jika di luar ini juga masih bisa mengancam nyawa sang bayi.

Kemudian Infeksi pada kehamilan juga sangat berbahaya untuk janin yang lagi tumbuh dan juga dapat menyebabkan ketuban pecah dini pada ibu hamil, dan itu juga dapat meningkatkan risiko persalinan bayi lahir prematur.

Misalnya infeksi lainnya yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur seperti, Infeksi Streptokokus grup B (GBS), Trikomoniasis, Infeksi Rubella, Toksoplasmosis, Herpes simpleks, Infeksi bakteri vagina, Infeksi selaput ketuban, Infeksi saluran kemih, dan Klamidia.

Jika infeksi diatas ibu hamil alami dan tidak segera ditangani, maka risiko bayi akan lahir prematur sangat tinggi yang diakibatkan infeksi ini dan mungkin akan mengalami sebuah cacat fisik ataupun intelektual.

  1. Punya riwayat penyakit tertentu

Selanjutnya penyebab dari bayi lahir prematur adalah Ibu hamil yang punya riwayat penyakit kronis tertentu, misalnya seperti gangguan ginjal, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, penyakit tersebut punya risiko lebih tinggi mengalami kelahiran bayi secara prematur.

Bukan hanya itu, ada juga beberapa kondisi pada masa kehamilan juga dapat menjadi sebuah faktor penyebab dari bayi lahir prematur, yaitu:

  • Solusio plasenta

Solusio plasenta adalah sebuah kondisi ketika plasenta terlepas pada dinding rahim namun pada waktu bayi belum saatnya lahir akibatnya akan terjadi perdarahan serta terhambatnya suplai oksigen serta nutrisi dari ibu ke janin.

  • Inkompetensi serviks

Selanjutnya adalah inkomoetansi serviks adalah sebuah kondisi ketika leher rahim telah lemah akibatnya akan bisa terbuka kepan saja pada saat sebelum masa melahirkan tiba.

  • Operasi di rongga perut

Dan yang terakhir adalah ibu hamil menjalani operasi di rongga perut pada saat mengandung, contohnya seperti akibat radang usus buntu, sehingga harus cepat dioperasi.

  • Gaya hidup yang tidak sehat

Kemudian penyebab bayi lahir prematur selanjutnya adalah gaya hidup ibu hamil yang kurang kurang sehat, contohnya saja gaya hidup tidak sehat itu seperti, merokok ketika hamil, minum alkohol ataupun obat terlarang ketika hamil, obesitas atau juga kekurangan berat badan karena kurang asupan nutrisi yang tepat saat sebelum dan selama kehamilan.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab dari bayi lahir prematur. Maka dari itu baik ibu hamil dan juga pasangan keduanya harus saling bahu-membahu dalam menjaga janin yang ada diperut sang istri, ibu hamil juga bisa melengkapi dengan mengonsumsi susu kehamilan mulai dari awal sampai proses melahirkan salah satu susu kehamilan yang lengkap akan nutrisi tersebut yaitu Prenagen yang banyak tipe dan jenisnya untuk masa kehamilan yang berbeda-beda, untuk masa kehamilan pertama atau di trimester pertama ibu hamil bisa konsumsi prenagen Emesis, dan prenagen mommy 2 trimester 2 untuk usia kandungan 7,8,9 bulan.